ADVERTISEMENT

Tiongkok Semakin Agresif di Indo Pasifik, CSIS: Ada Peningkatan Ketidakamanan

Minggu, 31 Juli 2022 10:00 WIB

Share
Parade militer Tiongkok.
Parade militer Tiongkok.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Banyak pernyataan Amerika Serikat yang mengingatkan tindakan Tiongkok yang semakin agresif dan koersif di kawasan Indo Pasifik.

Pernyataan ini disampaikan Pengamat Hubungan Internasional dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Gilang Kembara.

Dia mencontohkan kasus penyinaran sinar laser ke pesawat tempur Australia, ancaman Tiongkok terhadap Taiwan, dan ketegangan di Laut Tiongkok Selatan.

"Ada peningkatan insekuritas dari Tiongkok yang merasa wilayahnya semakin dimasuki oleh pengaruh-pengaruh dari negara-negara Barat,” ucapnya seperti dikutip dari VOA pekan ini.

Dia melanjutkan,”Kita lihat militer Amerika Serikat sudah banyak merangkul tidak hanya sekutu-sekutu mereka seperti Jepang dan Korea Selatan. Tetapi juga merangkul negara-negara yang non blok seperti Indonesia dan Malaysia.”

Sebaliknya Tiongkok lebih mendekatkan diri ke negara-negara Indo Pasifik melalui faktor ekonomi.

Dia mencontohkan kerjasama ekonomi dalam Inisiatif Jalan Sutera dan Insiatif Pembangunan Global.

Walaupun sejak tahun lalu Tiongkok juga melakukan pendekatan yang bersifat lebih kepada politik dan keamanan termasuk Insitif Keamanan Global.

Hal itu menunjukkan Tiongkok ingin lebih bermain di sektor politik dan keamanan dengan berbagai negara di Indo Pasifik. Seperti perjanjian antara Tiongkok dan Solomon.

Tiongkok juga menawarkan bentuk kerjasamanya dalam kunjungan Menteri Luar Negeri Wang Yi ke beberapa negara Pasifik baru-baru ini.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT