ADVERTISEMENT

AS Dorong Normalisasi Hubungan Israel - Arab Saudi

Sabtu, 16 Juli 2022 20:00 WIB

Share
Joe Biden dan Mohammed bin Salman
Joe Biden dan Mohammed bin Salman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ARAB SAUDI, POSKOTA.CO.ID - Arab Saudi merupakan bagian terakhir dari lawatan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ke Timur Tengah.

Dia terbang langsung dari Tel Aviv Israel menuju Jeddah Arab Saudi pada hari Jumat (15/7/2022).

Ini beberapa jam usai Arab Saudi mengumumkan pembukaan wilayah udaranya untuk semua penerbangan, mengakhiri larangan penerbangan negara itu ke dan dari Israel.

Keputusan itu merupakan isyarat dari Riyadh sebagai bagian dari makin hangatnya hubungan yang lebih luas antara Israel dan dunia Arab sementara mereka bersekutu melawan ancaman dari Iran.

Joe Biden mengklaim hal itu sebagai hasil dari dorongan pemerintahannya menuju kawasan Timur Tengah yang lebih terintegrasi dan stabil.

 

“Meskipun pembukaan ini telah lama dibahas, sekarang, berkat diplomasi yang stabil selama berbulan-bulan antara pemerintahan saya dan Arab Saudi akhirnya menjadi kenyataan,” kata Joe Biden dalam sebuah pernyataan di Jeddah hari Jumat (15/7/2022) seperti dikutip dari VOA.

Dia melanjutkan,”Hari ini saya akan menjadi presiden pertama Amerika yang terbang dari Israel ke Jeddah Arab Saudi.”

Joe Biden mengatakan keputusan Arab Saudi itu bisa membantu membangun momentum menuju integrasi Israel yang lebih lanjut ke kawasan itu dan merujuk pada potensi normalisasi diplomatik yang sedianya menjadi perluasan terpenting Kesepakatan Abraham era Donald Trump.

Joe Biden pada saat yang sama berusaha untuk memperbaiki hubungan dengan Palestina, menawarkan bantuan ekonomi dan teknis ketika bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas di Betlehem pada Jumat. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT