ADVERTISEMENT

Jumat Lusa, Jemaah Haji Mulai Pulang ke Tanah Air, Termasuk Embarkasi DKI Jakarta

Rabu, 13 Juli 2022 18:09 WIB

Share
Kepala Daerah Kerja Mekkah, Mukhammad Khanif.
Kepala Daerah Kerja Mekkah, Mukhammad Khanif.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID – Jemaah haji Indonesia mulai pulang ke Tanah Air pada Jumat ;lusa (15/7/2020) setelah fase puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) selesai. Seluruh jemaah sudah kembali ke hotel masing-masing di Mekkah Al-Mukarramah.

Pemulangan jemaah haji dilakukan secara bertahap sesuai jadwal kepulangan mereka ke Tanah Air. Pada tahap pemulangan pertama ada enam kelompok terbang (kloter), termasuk jemaah haji Embarkasi DKI yang dipulangkan.      

Kepala Daerah Kerja Mekkah, Mukhammad Khanif dalam keterangannya di Mekkah mengungkapkan, operasional ibadah haji kini memasuki fase pemulangan, khususnya bagi jemaah haji yang berangkat pada gelombang pertama, pada 15 Juli 2022.

“Ada enam kloter yang akan pulang ke Tanah Air dari Mekkah Al-Mukarramah, masing-masing kloter pertama Embarkasi Solo (SOC 1), Padang (PDG 1), Jakarta – Bekasi (JKS 1), dan Jakarta – Pondok Gede (JKG 1),” terang Khanif di Makkah, Rabu (13/7/2022).

Menurut Khanif, jemaah haji Solo menjadi  pertama diberangkatkan dari hotel mereka di Mekkah menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Mereka dijadwalkan terbang ke Tanah Air pada pukul 05:10 waktu Arab Saudi (WAS).

Khanif menjelaskan  aturan pemberangkatan, jemaah sudah diberangkatkan delapan jam sebelum jadwal penerbangan. Jadi jemaah haji Solo dimungkinkan akan diberangkatkan pada Kamis malam Jumat," terang Khanif.

Ia menambahkan rencananya pemulangan jemaah ini akan dilepas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas selaku amirul haj dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Khanif menambahkan, pihaknya sekarang ini akan memulai proses penimbangan koper bagasi jemaah haji yang akan pulang. Penimbangan kali pertama akan dilakukan di Hotel Kiswah-Jarwal, tempat jemaah asal Embarkasi Solo (SOC).

“Proses pemeriksaan dan penimbangan dilakukan H-2 dari jadwal keberangkatan jemaah haji ke Bandara Jeddah.  Pemeriksaan untuk memastikan berat maksimal koper bagasi sesuai ketentuan, dan tidak ada barang yang dilarang dimasukkan, termasuk air zamzam.

Selain itu,  lanjut Khanif, dilakukan proses city check in, atau pemeriksaan koper bagasi jemaah akan sekalian dibawa. Dan, jemaah sudah mendapatkan boarding pas.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT