Eks PM Jepang Mati Ditembak, Kepala Kepolisian: Kami Gagal Lindungi Shinzo Abe

Rabu, 13 Juli 2022 18:48 WIB

Share
Pelaku penembakan Mantan Perdana Menteri Shinzo Abe (kanan). (Foto: Twitter/MasakiJinzaburo)
Pelaku penembakan Mantan Perdana Menteri Shinzo Abe (kanan). (Foto: Twitter/MasakiJinzaburo)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Jenderal Badan Kepolisian Nasional (NPA) Itaru Nakamura menyatakan penyesalannya atas kegagalan pihaknya untuk melindungi Mantan Perdana Menteri Shinzo Abe.

"Kami gagal memenuhi tanggung jawab kami untuk melindungi para pejabat," kata Nakamura sebagaimana dilansir dari Japan Times  pada Rabu (13/7/2022). 

“Kami menganggap ini sangat serius.” tambahnya.

Nakamura mengakui bahwa ada kekurangan dalam penempatan personel keamanan dan perlindungan untuk Abe, pedoman perlindungan bermartabat NPA dan keterlibatannya dalam keamanan untuk mantan perdana menteri.

“Sebagai komisaris jenderal NPA, yang bertanggung jawab mengarahkan dan mengawasi polisi prefektur, tanggung jawab saya benar-benar berat,” kata Nakamura.

Ditanya apakah dia akan mengundurkan diri atas insiden tersebut, kepala NPA berkata,

“Tanggung jawab saya pada tahap ini adalah mencurahkan semua upaya saya untuk meninjau (insiden) sehingga departemen kepolisian di seluruh negeri akan belajar dari peninjauan untuk mencegah insiden serupa terjadi. pernah terjadi lagi.”

NPA memutuskan pada hari yang sama untuk meninjau pedomannya tentang melindungi pejabat tinggi. Ini akan meluncurkan tim peninjau internal dan melaporkan hasil tinjauan ke komisi keselamatan publik pada bulan Agustus.

Wakil kepala badan tersebut akan memimpin tim yang terdiri dari sekitar selusin pejabat senior. Tim akan melakukan audiensi dengan petugas keamanan di Kepolisian Prefektur Nara.

Pedoman perlindungan bermartabat NPA didistribusikan secara tertulis ke departemen kepolisian prefektur.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar