ADVERTISEMENT

Sabtu Besok Muhammadiyah DKI Selenggarakan Salat Iduladha di 100 Titik

Jumat, 8 Juli 2022 16:03 WIB

Share
Pimpinan Pusat Muhammadiyah, di Jakarta. (ist)
Pimpinan Pusat Muhammadiyah, di Jakarta. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Warga Muhammadiyah DKI Jakarta dipastikan akan menyelenggarakan salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban , Sabtu besok (9/7/2022).

Salat Iduladha itu akan digelar di lebih dari 100 titik, di wilayah Jakarta dan daerah penyangga terdekat. Masyarakat juga diprediksi bakal membanjiri tempat pelaksanaan Salat Iduladha tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammad (PWM ) DKI
Sun'an saat dihubungi Poskota.co.id, Jumat (8/7/2022).

"Di Jakarta Barat ada 12 titik. Di Jaksel hampir sama juga. Di Jakarta Pusat ada 13 titik. Di Jaktim dan Jakut, plus Bekasi dan Tangerang ada sekitar 100 titik tempat sholat Ied besok," kata Ketua PWM DKI, Sun'an.

Lebih lanjut, Sun'an menyampaikan, penyelenggaraan salat Iduladha bagi warga Muhammadiyah selalu diselenggarakan di tanah terbuka atau lapangan. Tradisi itu, sudah terjadi sejak awal berdirinya Muhammadiyah.

Dia menjelaskan, masyarakat di Jakarta dan daerah penyangga silakan berbondong-bondong mendatangi titik penyelenggaraan salat Ied. Yang paling mudah dikenali biasanya berlokasi di halaman masjid kantor Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) setempat.

"Jemaah dikonsentrasikan di lapangan terbuka. Sejak awal Berdirinya Muhammadiyah kan justru mengajak Salat Ied itu di lapangan karena rasul memerintahkannya begitu,"  katanya kepada Poskota.

Dia mengungkapkan, mereka juga telah menerbitkan aturan agar jemaah yang hadir tetap menerapkan protokol kesehatan dasar. Meskipun Jakarta saat ini dalam status PPKM level 1, perubahan  status Jakarta itu tak serta merta membuat mereka melonggarkan aturan.

"Jelas. Kemarin sebelum penetapan di muktamar soal sholat Ied ini, PP Dan lembaga penanggulangan COVID-19 tetap menyerukan untikk waspada thd kesehatan, sesuai protok WHO dan pemerintah Indonesia. Itu tetap kita perhatikan," ungkapnya.

Selain menyelenggarakan Salat Iduladha bersama, PWM DKI juga menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban. Saat ini, PWM menerima 5 ekor sapi untuk kurban yang diterima dari berbagai kalangan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT