Istri Sebut Tjahjo Kumolo Ingin Meninggal Ketika Menjalankan Tugas
Sabtu, 2 Juli 2022 15:14 WIB
Share
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. (Instagram/tjahjo_kumolo)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Istri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, Erni Guntarti, mengatakan suaminya mendambakan dapat tutup usia ketika menjalankan tugas.

“Cuma yang saya ingat bapak ingin meninggal dalam tugas. Itu saja sih," kata Erni kepada wartawan selepas pemakaman Tjahjo di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jumat (1/7/2022). 

Kemudian, Erni mengungkapkan belakangan ini Tjahjo memiliki kebiasaan baru. Di antaranya mendengarkan alunan ayat suci Alquran dan rajin melaksanakan shalat malam atau tahajud

“Bapak kalau tidur selalu mendengarkan alunan ayat suci, yang biasanya nggak begitu," katanya.


"Kebiasaan baru bapak maksud saya. Kalau bangun tahajud dan mendengarkan alunan ayat suci sampai pagi. Itu terakhir yang saya ingat," jelasnya.

Erni mengatakan telah mengenal Tjahko sejak masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Kemudian, mereka menjalankan kehidupan pernikahan dengan apa adanya.

"Saya dengan Bapak sudah kenal lama sekali, soalnya kami teman sejak sekolah dari SMP, SMA, kuliah, dan sudah dekat sekali, sudah lama kenal, pokoknya ketika itu ya hidup apa adanya," katanya. 

Erni juga menyebut Tjahjo sebagai kepala rumah tangga yang selalu mendukung apa yang dilakukannya. Bahkan, Tjahjo disebut tak pernah memaksan istri untuk hanya di rumah saja.

“Bapak sih selalu mendukung apa pun yang saya kerjakan. Karena apa yang saya kerjakan, sebagai dokter waktu itu di Klinik DPR, Bapak enggak pernah melarang saya yang saya kerjakan. Jadi enggak harus di rumah,

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) sekira pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat.

Jenazah Tjahjo di makamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan pada Jumat sore dengan prosesi militer.