Waspada! Banjir Bakal Menerjang Pandeglang dan 10 Daerah di Indonesia, BNPB Minta Pemerintah Ambil Antisipasi

Sabtu, 25 Juni 2022 11:15 WIB

Share
Kondisi cuaca hujan deras.
Kondisi cuaca hujan deras.

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, memberikan peringatan dini potensi bencana banjir pada Sabtu (25/6/ 2022).

Disebutkannya, berdasarkan hasil analisis data BMKG dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk, maka perlu diwaspadai potensi banjir di beberapa wilayah, diantaranya Banten.

Status waspada banjir terjadi di daerah Banten meliputi Kabupaten Pandeglang. Jawa Barat meliputi Bogor dan Sukabumi. Jawa Tengah meliputi Cilacap, Banyumas, Berebes dan Kebumen. Jawa Timur meliputi Jember dan Trenggalek. Dan Nusa Tenggara Barat meliputi Bima.

Daerah tersebut merupakan 10 besar daerah dengan tingkat historikal banjir tertinggi berdasarkan DIBI (Data Informasi Bencana Indonesia). Rincian daerah berpotensi banjir dengan status waspada hingga ke level kecamatan.

 

Bagi Pemerintah Daerah untuk dapat diambil langkah langkah antisipasi dan kesiapsiagaan dengan memantau kondisi terkini lapangan dan menyebarkan informasi peringatan (curah hujan, tinggi muka air) dan potensi wilayah terdampak.

Kemudian, koordinasi dengan stakeholder dalam penyiapan tim siaga bencana dan sumberdaya. Mengidentifikasi tempat pengungsian termasuk infrastruktur pengungsian sesuai protokol kesehatan.

Mengidentifikasi kebutuhan logistik dan peralatan. Memastikan alat peringatan dini berfungsi dengan baik dan memastikan ketersediaan rambu dan jalur evakuasi.

Bagi masyarakat untuk dapat diambil langkah langkah antisipasi dan kesiapsiagaan dengan menyiagakan tim siaga bencana (memantau kondisi terkini lapangan, melakukan koordinasi dengan aparatur desa, menyiapkan evakuasi).

 

Halaman
Editor: Deny Zainuddin
Contributor: Samsul Fatoni
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar