Lawan Tiongkok di Wilayah Pasifik, Australia Intensifkan Serangan Diplomatik

Sabtu, 18 Juni 2022 11:00 WIB

Share
Penny Wong
Penny Wong

AUSTRALIA, POSKOTA.CO.ID - Australia akan lebih terlibat di kawasan Pasifik dibandingkan pemerintahan sebelumnya.

Pernyataan ini datang dari Menteri Luar Negeri Australia yang baru, Penny Wong.

Pemerintahan sebelumnya dinilai salah karena dianggap pasif.

Hal ini dia sampaikan ketika melakukan kunjungan ke Selandia Baru pada Kamis (16/6/2022).

Penny Wong dalam kurun waktu kurang dari sebulan semenjak pemerintahan baru Australia memenangkan pemilu 21 Mei lalu telah melakukan perjalanan dinas ketiganya ke wilayah Pasifik.

Dia telah mengunjungi Samoa, Tonga, dan Fiji dalam upaya pemerintahannya untuk berlomba melawan upaya diplomatik Tiongkok di kawasan itu.

Rentetan diplomasi Penny Wong dilakukan menyusul tur ekstensif Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi di wilayah Pasifik awal bulan ini.

Wang Yi gagal membujuk sepuluh negara kepulauan di Pasifik untuk bergabung dalam sebuah perjanjian dagang dan keamanan. Meski beberapa di antaranya, termasuk Kiribati dan Samoa, menandatangani kesepakatan bilateral masing-masing.

Beijing sebelumnya menyepakati protokol keamanan dengan Kepulauan Solomon, yang terletak di timur laut Australia, untuk meningkatkan penegakan hukum dalam negeri dan bantuan saat menghadapi bencana alam.

Pejabat Tiongkok bersikeras bahwa Beijing tidak berniat untuk bersaing dengan negara-negara lain untuk menanamkan pengaruh di kawasan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar