ADVERTISEMENT

Wah, Pengamat Beberkan Kans Nasdem Jika jadi Usung Anies di Pilpres 2024: Berkah atau Musibah?

Jumat, 17 Juni 2022 20:16 WIB

Share
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (foto: ist)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto angkat bicara terkait nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menjadi nomor satu di dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022) kemarin.

Ia pun bertanya, apakah menjadi berkah atau sebaliknya, justru menjadi musibah ketika partai besutan Surya Paloh ini mengusung nama Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) 2024 mendatang.

"Jika benar adanya Partai Nasdem wilayah dan arus bawah mengusung Anies Baswedan, apakah menjadi berkah atau musibah bagi Partai Nasdem?," kata Hari sambil bertanya dalam keterangannya, Jumat (17/6/2022).

Hari juga membeberkan, Anies sangat lihai dalam memainkan politik identitas yang saat ini sudah menyatu di dalam dirinya.

"Politik identitas sudah menyatu dalam sosok Anies Baswedan saat mencalonkan diri dalam Pilkada DKI Jakarta 2017," ujar Hari.

Jika memang benar Nasdem mengusung Anies sebagai Capres 2024 nanti maka Nasdem harus siap terima segaka risikonya.

"Tentunya ini risiko yang harus diterima oleh Partai Nasdem jika pada akhirnya mendorong AB menjadi Capres," tandasnya.

Namun demikian, lanjut Hari menegaskan, keputusan tertinggi ada di Ketua Umum Partai Surya Paloh. Sebab dialah orang yang memiliki kalkulasi politik tersendiri dari kematangannya selama ini. 

"Waktu Partai Nasdem berdiri dan saat masih menjadi ormas, banyak tokoh yang terlibat di dalamnya," pungkas Hari.

Sebanyak 31 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem mengusulkan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang diusung pada Pilpres 2024 mendatang.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT