Mahfud MD: Indonesia Tak Miliki Catatan Pelanggaran HAM di PBB

Jumat, 17 Juni 2022 18:00 WIB

Share
Mahfud MD
Mahfud MD

POSKOTA.CO.ID - Indonesia tidak memiliki catatan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Dewan HAM PBB.

Pernyataan ini datang dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

"Di Dewan HAM PBB tidak ada catatan apa pun tentang pelanggaran HAM di Indonesia," kata Mahfud dalam konferensi pers secara virtual dalam kanal YouTube Menko Polhukam RI di Jakarta pada Kamis (16/6/2022).

Komisioner Tinggi HAM PBB dalam pidato Pembukaan Sesi Ke-50 Sidang Dewan HAM tidak memasukkan Indonesia ke dalam daftar 21 negara yang perkembangan HAM sedang dirujuk mereka.

"Komisioner Tinggi HAM menyebut 21 negara yang perkembangan HAM dirujuk, Indonesia tidak termasuk di dalamnya," ujar Mahfud.

Mahfud menyebutkan Indonesia sudah tiga kali berturut-turut sejak 2021 sampai 2022 tidak menjadi negara yang dinilai oleh Dewan HAM PBB memiliki permasalahan terkait dengan pelanggaran HAM.

"Sudah tiga tahun ini, tepatnya sejak tahun 2020, Dewan HAM PBB tidak menyebut Indonesia dalam catatan negara yang punya masalah pelanggaran HAM," ucapnya.

Mahfud lebih lanjut menyampaikan capaian itu menandakan bahwa Indonesia sudah mengalami kemajuan dan mengomunikasikan secara proporsional mengenai perlindungan dan penegakan HAM.

Dia pada kesempatan yang sama menyatakan bahwa tudingan mengenai Indonesia yang menjadi sorotan PBB dalam pelanggaran HAM tidaklah benar.

"Catatan lain dalam kunjungan saya ke Dewan HAM dan Kantor Komisi Tinggi HAM di Jenewa ternyata tidak benar adanya tudingan bahwa Indonesia menjadi sorotan PBB dalam pelanggaran HAM," ungkap Mahfud.

Halaman
Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar