Vaksinasi PMK Massal Hewan Ternak akan Digelar, Tapi Kepastiannya Pemkot Jakpus Masih Menunggu

Senin, 13 Juni 2022 23:47 WIB

Share
Vaksinasi PMK Massal Hewan Ternak akan Digelar, Tapi Kepastiannya Pemkot Jakpus Masih Menunggu
Ilustrasi sapi yang terkena penyakit mulut dan kuku. (Dok. Dinas Kominfo Jawa Timur)

Vaksinasi PMK Massal, Hewan Ternak, Pemkot Jakpus, Masih Menunggu,

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Maraknya Penyakit Mulut dan Kaku (PMK) yang terjadi belakangan ini terhadap hewan ternak membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih memperhatikan dan mengawasi hewan ternak yang masuk ke wilayah Ibukota.

Untuk mencegah PMK pada hewan ternak, Pemprov DKI Jakarta menggelar  vaksinasi PMK massal di wilayah DKI Jakarta.

Rencana vaksinasi PMK massal hewan ternak itu akan dilaksanakan esok hari, pada Selasa (14/6/2022).

Namun, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat, Penty Yunesi mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu keputusan dari Dinas KPKP terkait penyelenggaraan vaksinasi PMK massal itu. Untuk kepastiannya masih menunggu.

"Masih menunggu info dari Dinas (KPKP)," ucapnya saat diwawancarai Poskota.co.id pada Senin (13/6/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pihaknya belum menerima informasi terkait vaksinasi PMK massal tersebut. "Belum ada info masuk ke kami," katanya.

Untuk diketahui,  Kementerian Pertanian (Kementan) akan mengadakan vaksin massal untuk menangani wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak mulai Selasa (14/6/2022) besok.

"Kami ingin menyampaikan vaksinasi perdana nasional akan dimulai besok 14 Juni 2022 sesuai peta sebaran PMK," kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kuntoro Boga Andri lewat konferensi pers bertajuk Update Perkembangan Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Indonesia, Senin (13/6/2022).

Vaksin akan diprioritaskan untuk hewan sehat dan berisiko tinggi tertular yang berada di sumber pembibitan ternak peternak sapi perah milik rakyat dan koperasi susu, termasuk peternak sapi potong.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar