Tinjau Pelabuhan Tanjung Priok, Mentan Pastikan Ratusan Sapi dari Kupang Terbebas PMK

Sabtu, 11 Juni 2022 09:24 WIB

Share
Mentan Syahrul Yasin Limpo tinjau langsung ratusan ekor sapi dari Kupang, NTT, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Ivan).
Mentan Syahrul Yasin Limpo tinjau langsung ratusan ekor sapi dari Kupang, NTT, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Ivan).

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau langsung ratusan ekor sapi dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (10/6/2022).

Ratusan ekor sapi itu dibawa menggunakan kapal tol laut KM Camara Nusantara dari Nusa Tenggara Timur.

"Di kapal pertama yang ada adalah 550 ekor sapi dan itu dari NTT, (daerah) Kupang dan Waingapo," ucap Yasin di lokasi.

Yasin memastikan 550 ekor sapi tersebut terbebas dari Penyakit Mulut dan Kaki (PMK).

"Kita akan berturut-turut menerima kiriman hewan atau sapi dari daerah-daerah hijau, daerah hijau itu daerah yang tanpa PMK," jelas Menteri Pertanian.

 

Dijelaskannya, Ini merupakan kapal pertama yang mengirimkan sapi bebas PMK dan nantinya akan disusul lima kali pengiriman lanjutan.

Diketahui, sapi-sapi tersebut terlebih dahulu disemprot disinfektan sebelum dimasukan ke dalam truk pengiriman.

Adapun ratusan sapi ini kemudian akan disebarkan di daerah Jabodetabek dan sekitarnya dengan pengiriman jalur darat menggunakan truk angkutan.

"Sebentar lagi akan berturut-turut hadir enam kapal yang mengangkut untuk kebutuhan Jabotabek dan sekitarnya," ucap Yasin.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar