ADVERTISEMENT

Penting, Pelaksanaan Swicth Over ke-5, Rute KRL Alami Perubahan, Tujuan Tanah Abang Transit di Manggarai

Minggu, 22 Mei 2022 20:09 WIB

Share
Kapasitas penumpang KRL. Ahmad Tri Hawaari
Kapasitas penumpang KRL. Ahmad Tri Hawaari

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter bakal melaksankan Switch Over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai mulai 28 Mei 2022 mendatang.

Akibatnya, sejumlah rute perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline tujuan Jakarta bakal mengalami perubahan.

Vice President (VP) Corporate Communication Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, dalam pelaksanaan SO ke-5 tersebut, perjalanan KRL lintas Bogor hanya akan melayani relasi Bogor, Depok dan Nambo menuju Jakarta Kota melalui Stasiun Manggarai. Ke Tanah Abang dan Bekasi transit di Manggarai.

"Seluruh perjalanan KRL pada lintas tersebut akan dilayani di peron jalur 10, 11, 12 dan 13 Stasiun Manggarai," kata Anne saat dihubungi, Minggu (22/5/2022).

Anne menjelaskan, apabila sebelumnya masih terdapat rute KRL Commuterline tujuan langsung menuju Stasiun Tanah Abang, Stasiun Sudirman, dan Stasiun Kampung Bandan. Kini, operasi perjalanan tersebut akan dihapus.

"Para pengguna yang akan menuju Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jatinegara, dan Stasiun Bekasi dapat melakukan transit di Stasiun Manggarai dan menunggu keberangkatan KRL di peron jalur 6 atau 7," papar dia.

Anne mengungkapkan, dalam mendukung pola operasi tersebut, maka nantinya KRL Commuterline lintas Bogor/Depok/Nambo akan diberikan jumlah frekuensi perjalanan sebanyak 406 frekuensi perjalanan per hari.

"Untuk penomoran perjalanan KRL relasi Bogor/Depok menuju Jakarta Kota, yaitu 4.000 sampai 4.499 dan perjalanan KRL relasi Nambo menuju Jakarta Kota yaitu mempunyai nomor perjalanan 4.500 sampai  4.999," ujar dia.

Pada SO ke-5 ini, lanjut dia, kecepatan perjalanan KRL Commuterline lintas Bogor pun akan mengalami perubahan dalam hal kecepatan kereta.

"Jika sebelumnya kecepatan maksimal hanya 70 Km per jam, kini akan meningkat menjadi 90 Km per jam dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Jakarta Kota dengan jarak waktu antara rata-rata lima menit," terang dia.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT