ADVERTISEMENT

Menteri Tjahjo Minta ASN Selalu Netral dan Loyal Siapapun yang Jadi Pj Kepala Daerah

Sabtu, 14 Mei 2022 17:45 WIB

Share
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat membuka Festival Seni Bali. (PANRB)
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat membuka Festival Seni Bali. (PANRB)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Sebanyak 101 penjabat (Pj) Kepala Daerah akan mulai menjabat pada 2022 dan 171 Pj Kepala Daerah pada 2023. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, meminta penjabat  (Pj) Kepala Daerah  untuk memastikan pelaksanaan fungsi penyelenggaraan pemerintahan harus berjalan efektif .

Menteri Tjahjo juga mengingatkan kepada Apartur Sipil Negara (ASN) untuk selalu netral dan loyal siapapun yang jadi Pj Kepala Daerah, atau pemimpinnya di daerah.

"Siapapun Presiden dan Wakil Presidennya serta kepala daerahnya, tidak menjadi masalah karena ASN harus tetap profesional," terang Tjahjo dalam keterangannya yang diterima Sabtu (14/5/2022).

"ASN harus tetap loyal melaksanakan apa yang menjadi visi misi dan skala prioritas program pimpinan Presiden dan Wakil Presiden hingga kepala daerah terpilih, termasuk penjabat kepala daerah," tutur Tjahjo 

"Saya kira dengan demikian maka tugas penjabat kepala daerah dapat dilaksanakan dengan baik karena didukung oleh ASN-nya,” tutup Tjahjo.

Selain itu, lanjut Menteri Tjahjo, para penjabat kepala daerah juga memiliki fungsi  mengawasi pelaksanaan pemilu dan pilkada, serta memastikan situasi dan kondisi di daerah untuk selalu kondusif.

"Kemudian, penjabat kepala daerah diminta untuk memastikan penguatan implementasi nilai-nilai dasar atau core values ASN BerAKHLAK di lingkungan kerjanya masing-masing," terang Tjahjo.

Selanjutnya adalah memastikan peningkatan kualitas sistem merit dan pengaturan konflik kepentingan hingga implementasinya pada promosi atau mutasi ASN. 

"Terakhir, seiring dengan mendekatnya pesta demokrasi, penjabat kepala daerah diminta untuk memastikan penguatan netralitas ASN," tutur mantan menteri dalam negeri ini. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT