ADVERTISEMENT

Harus Berani Akui Kesalahan

Senin, 9 Mei 2022 07:11 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Yang diperlukan kemudian adalah kejujuran para elite dan pejabat negeri di level manapun mengakui kesalahan. Kejujuran menjadi urgen, mengingat yang tahu persis kesalahan adalah diri sendiri melalui introspeksi, bukan orang lain. Kesalahan seperti apa, kepada siapa dan sejauh mana kesalahan yang telah kita lakukan, berikut dampaknya yang merugikan masyarakat.

Yang terpenting, ada kesadaran diri agar kesalahan tersebut segera diperbaiki, dengan acuan utamanya adalah keselamatan rakyat, bukan kerabat, sahabat, konglomerat, dan orang – orang terdekat.

Di sisi lain, di balik kesalahan, tentu tersembul kebaikan yang hendaknya tidak serta merta dilupakan. Sebesar apapun kesalahan yang telah dilakukan seseorang, jangan lantas menghilangkan kebaikan yang pernah dilakukan. Kita wajib menghormati kebaikan yang telah dilakukan oleh mereka yang telah berjasa kepada negeri ini, sejak era perjuangan, kemerdekaan hingga sekarang.

Agama apapun mengajarkan siapa yang memperoleh kebaikan dari orang lain hendaknya membalasnya. Jika tidak menemukan sesuatu untuk membalasnya, hendaknya memuji kebaikan orang tersebut. Tidak punya waktu untuk memujinya, hendaknya mendoakan kebaikannya.

Pitutur luhur mengatakan “ Yen siro dibeciki liyan iku tulisen ing watu, supoyo orang ilang lan tansah kelingan”- Jika kamu menerima kebaikan dari orang liyan, tulislah di batu supaya tidak pernah hilang dari ingatan.

Sebaliknya, “Yen siro gawe kabecikan marang liyan iku tulisen ing lemah supoyo enggal ilang dan ora kelingan”- Jika kamu berbuat baik kepada orang lain, tulislah di tanah supaya lekas hilang dari ingatan. (Azisoko*)

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT