ADVERTISEMENT

Gemuk Setelah Hari Raya Idulfitri? Begini 5 Cara Diet Menurunkan Berat Badan Pasca Lebaran

Minggu, 8 Mei 2022 17:23 WIB

Share
Illustrasi berat badan naik pasca lebaran (Foto: Freepik)
Illustrasi berat badan naik pasca lebaran (Foto: Freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

 

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Saat ini umat muslim di seluruh dunia sedang merasakan hari raya Idulfitri, merupakan sebuah kemenangan setelah satu bulan lamanya menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan. 

Lebaran identik makanan khas seperti opor, rendang, semur, dan juga ketupat. Semua makanan ini sangat lezat, terkadang seseorang tidak sadar bahwa sudah terlalu banyak menikmati makanan khas lebaran. Akibatnya, badan makin gemuk setelah Hari Raya Idulfitri, berat badan naik drastis.

Tetapi, tidak perlu khawatir, berikut ini merupakan 5 cara diet menurunkan berat badan pasca lebaran, berdasarkan kutipan Celebrities.id, Sabtu (7/4/2022).

  1. Hindari makanan dengan lemak berlebih

Makanan yang mengandung banyak lemak biasanya dibuat dengan menggunakan mentega, minyak sayur, atau mayones. Selain itu, hindari juga makanan yang berbahan santan dan digoreng dengan cara deep fried.

Dengan adanya penambahan bahan ini, makanan yang awalnya sehat dan bergizi tinggi bisa berubah menjadi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Oleh karena itu, lebih dianjurkan untuk memilih metode memasak yang lebih sehat seperti direbus, dikukus, atau dipanggang.

 

  1. Hindari makanan dengan gula berlebih

Hindari konsumsi gula berlebihan, termasuk asupan gula tambahan dari makanan penutup (dessert), minuman manis, makanan olahan, hingga gula buatan pengganti gula biasa. Konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan. Tidak hanya memicu kenaikan bobot tubuh dengan cepat tetapi, bisa juga menyebabkan obesitas yang merupakan penyebab utama penyakit diabetes dan jantung.

Oleh karena itu, asupan gula per hari harus dikontrol. Batas konsumsi gula yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam satu hari sekitar 50 gram atau setara dengan 5-9 sendok teh.

  1. Atur porsi makanan

Setelah memilah jenis makanan, mengatur porsi makanan juga perlu diperhatikan ketika melakukan diet. Pembagian makanan dalam satu piring yang meliputi makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, dan buah-buahan harus tepat proposisinya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT