ADVERTISEMENT

Arus Balik 2022: 38.000 Lebih Penumpang Kereta Api Mulai Tiba di Jakarta

Kamis, 5 Mei 2022 12:48 WIB

Share
Ilustrasi kedatangan penumpang Kereta Api.(Humas PT KAI Daop I Jakarta0
Ilustrasi kedatangan penumpang Kereta Api.(Humas PT KAI Daop I Jakarta0

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

 

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Arus balik Lebaran 2022 mulai terjadi sejak hari ini. Hal itu, dilakukan sejumlah masyarakat untuk menghindari puncak arus balik pada 6-8 Mei yang ditengarai akan menyebabkan kepadatan-kemacetan lalu lintas.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (KAI Daop) I Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, hingga hari ini pihaknya mencatat ada peningkatan jumlah kedatangan penumpang di beberapa Stasiun Kereta Api (KA) yang ada di Jakarta.

"Untuk kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop I Jakarta saat ini sudah mulai terdapat peningkatan," kata Eva dalam keterangannya, Kamis (5/5/2022).

Eva merincikan, jumlah penumpang dari berbagai wilayah yang tiba di Jakarta hari ini, tercatat berjumlah sebanyak 38.000 orang lebih.

"Secara total untuk hari ini terdapat sekitar 38.400 penumpang yang akan turun di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek," tutur dia.

Sementara di sisi jumlah keberangkatan, kata Eva, volume jumlah keberangkatan dari Stasiun yang ada di wilayah Daop I Jakarta juga tercatat masih cukup tinggi.

"Jumlah keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, secara total pada tanggal 5 Mei 2022 terdapat 28.700 penumpang yang berangkat dari seluruh Stasiun KA Jarak Jauh di area Daop I Jakarta. Dari jumlah tersebut dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop I Jakarta masih cukup tinggi," ujar dia.

"Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung," sambung Eva.

Dia menjelaskan, per hari ini di Stasiun Gambir, Daop I Jakarta mengoperasikan sebanyak 36 KA yang 8 di antaranya merupakan KA tambahan. Sementara untuk di Stasiun Pasar Senen, pihaknya mengoperasikan sebanyak 29 KA yang 3 di antaranya merupakan KA tambahan.

"Adapun Volume penumpang berangkat di Stasiun Gambir, yakni sebanyak 10.100 atau 58 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 17.600. Sedangkan di Stasiun Pasar Senen, volume penumpang berangkat sebanyak 15.500 atau 73 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 21.300," papar dia.

"Bagi calon pengguna yang masih akan mudik pasca lebaran dan baru akan memesan tiket dapat melakukan pengecekan ketersediaan jadwal dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access," tukas Eva.

Untuk diketahui, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum atau setelah puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022 mendatang.

“Bapak Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan, yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum puncak arus balik di tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022 nanti. Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 8 Mei,” kata Menhub, Selasa (3/5/2022). (Adam).

ADVERTISEMENT

Reporter: Andi Adam Faturahman
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT