ADVERTISEMENT

Pakar Penyakit Menular: Jangan Salah, Dunia Masih Alami Pandemi

Minggu, 1 Mei 2022 08:00 WIB

Share
Dokter Fauci
Dokter Fauci

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Pakar Penyakit Menular dokter Anthony Fauci memberikan penilaian optimis tentang situasi virus corona yang terjadi saat ini di Amerika Serikat.

Dia mengatakan bahwa Amerika Serikat telah keluar dari fase pandemi dan tampaknya sedang bertransisi menuju COVID-19 sebagai penyakit endemik yang bergulir secara teratur di daerah-daerah tertentu. Di dalam konteks infeksi baru, rawat inap, dan kematian.

Dokter Fauci menuturkan virus corona tetap menjadi pandemi bagi sebagian besar dunia. Ancaman bagi AS belum berakhir sambil menyinggung tentang fase terburuk pandemi.

“Tidak lagi ada 900.000 infeksi baru per hari, puluhan ribu rawat inap dan ribuan kematian. Kita berada di level rendah saat ini,” ujarnya dalam program PBS “NewsHour” pada Selasa (26/4) seperti dikutip dari VOA.

Namun dokter Fauci mengklarifikasi pernyataannya itu lewat surat kabar Washington Post pada Rabu (27/4/2022).

Dia menyebutkan apa yang terjadi sekarang tidak seperti fase pandemi yang naik turun dengan tajam ketika gelombang varian omicron menyerang pada musim dingin yang brutal.

Dia menjelaskan pada acara PBS tersebut apa yang tampaknya kini merupakan periode transisi virus corona menjadi penyakit endemik.

“Dunia masih dalam pandemi. Tidak ada keraguan tentang itu. Jangan ada yang salah mengartikannya. Kita masih mengalami pandemi,” tegasnya pada Washington Post.

Pernyataan Fauci itu muncul ketika otoritas kesehatan bergulat menjaga agar kasus COVID-19, jumlah kasus rawat inap tetap stabil, belajar hidup dengan virus yang masih terus bermutasi dan belum dapat diprediksi. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT