ADVERTISEMENT

Wow! Hanya dengan Memakan Pisang Kamu Bisa Tingkatkan Suasana Hati Lho

Jumat, 29 April 2022 11:34 WIB

Share
Memakan pisang dapat membantu meningkatkan mood. (foto: pixabay)
Memakan pisang dapat membantu meningkatkan mood. (foto: pixabay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Biasanya ketika merasakan suasana hati yang buruk atau disebut pula bad mood, kita cenderung akan memilih memakan cokelat.

Makanan yang memiliki rasa manis yang satu ini memang sudah lama diketahui memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan suasana hati loh!

Akan tetapi ternyata tidak hanya cokelat saja yang dapat meningkatkan suasana hati, buah pisang juga dapat memberikan efek yang sama.

Shawn Talbott, PhD seorang ahli biokimia mengatakan bahwa keadaan dunia saat ini, banyak sekali orang yang mengalami masalah  stres, kecemasan, depresi, kelelahan, kabut otak dan sulit tidur.

Ia menjelaskan mengapa alasan pisang dapat mengembalikan suasana hati, karena buah yang satu ini banyak mengandung sekitar 20 persen dari kebutuhan vitamin B6 dalam per hari.

Studi meta-analisis meneliti manfaat vitamin B dalam memengaruhi suasana hati menemukan bahwa vitamin B6 mampu mengurangi gejala depresi dan kecemasan serta sindrom pramenstruasi terhadap wanita.

Di sisi lain, ternyata vitamin B6 juga bisa memperbaiki efek stres dan meningkatkan suasana hati secara menyeluruh.

Diterbitkan pada 2019 dalam jurnal Nature,vitamin B6 berperan dalam proses produksi serotonin, neurotransmitter otak yang sering kali disebut sebagai hormon bahagia. Talbott menambahkan pisang juga memiliki kendungan serat prebiotik dan kalium yang sangat tinggi.

Adapun sebuah penelitian dalam British Journal of Nutrition yang mengungkap, seseorang yang mengonsumsi makanan tinggi kalium menunjukkan gejala depresi yang lebih minim dan suasana hati yang lebih baik.

”Vitamin,termasuk vitamin B6 adalah salah satu cara untuk membantu mendukung tubuh dan pikiran kita dalam menghadapi semua masalah” ujar Tobaltt.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT