ADVERTISEMENT

Terminal Resmi Berbenah Bersihkan Calo, Tapi Calon Penumpang Lebih Memilih Terminal Bayangan, Ini Alasannya

Rabu, 20 April 2022 13:26 WIB

Share
Suasana terminal bus Kalideres Jakarta Barat. (Foto: Pandi)
Suasana terminal bus Kalideres Jakarta Barat. (Foto: Pandi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Padahal, lanjut dia, pemerintah dan pengelola terminal pun sudah sejak lama berbenah dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan untuk penumpang di terminal resmi. Sudah berupaya membersihkan calo.

"Sekarang sudah berbenah. Sekarang calo sudah tidak ada, tarik-menarik juga tidak ada. Fasilitas juga semakin baik, semakin nyaman. Memang, harus pelan-pelan kita benahi bersama," ucap Erwansyah.

Terminal Bus Kalideres Ubah Citra Negatif

Berbagai upaya dilakukan untuk merubah stigma masyarakat tentang kondisi di terminal yang dikenal urak-urakan. Salah satunya dilakukan oleh paguyuban terminal bus Kalideres, Jakarta Barat.

Demi merubah pandangan negatif masyarakat tentang terminal, paguyuban terminal Kalideres dibentuk untuk melakukan pembehanan di kawasan terminal.

Wakil Ketua Paguyuban terminal Kalideres, Gal Aritonang mengatakan salah satu upaya yang dilakukan yaitu pemakaian seragan batik yang dilakukan setiap hari Jumat.

Sementara pada hari lainnya, seluruh petugas baik dari petugas PO, maupun sopir diwajibkan untuk memakai seragam. Hal itu dilakukan demi memberikan kenyamanan kepada penumpang.

"Kita sudah berjalan kurang lebih satu bulan. Selain itu petugas yang ada di kawasan terminal wajib memakai sepatu," ujarnya kepada Poskota saat diemui, Selasa (8/3/2022).

Menurut Gal, paguyuban tersebut telah dibentuk sekitar sebulan yang lalu. Adapun paguyuban terminal sengaja dibentuk untuk mengubah kondisi terminal agar terlihat lebib rapi dan nyaman.

Sehingga diharapkan, dengan dibentuknya paguyuban ini, maka kondisi terminal bisa lebih teratur dan diharapkan dapat menjadi percontohan bagi terminal lain.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT