ADVERTISEMENT

Ketua Partai Turki ke Presiden Erdogan: Anda Takut AS Gulingkan Anda

Minggu, 10 April 2022 21:00 WIB

Share
Dogu Perincek
Dogu Perincek

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TURKI, POSKOTA.CO.ID - Keputusan Presiden Recep Tayyip Erdogan membatalkan kunjungan ke Iran sebagai sebuah kesalahan besar.

Pernyataan ini datang dari Ketua Partai Patriotik Turki Dogu Perincek.

"Pembatalan lawatan Erdogan ke Iran berarti menyia-nyiakan kesempatan,” kata Dogu Perincek pada Sabtu (9/4/2022) dalam wawancara dengan stasiun televisi ULUSAL.

Dia melanjutkan,”Kita sangat beruntung punya tetangga seperti Iran, Azerbaijan, Irak, dan Suriah. Semuanya produsen gas alam, bensin, dan minyak dunia."

"Turki menghadapi krisis energi. Jelas bahwa Presiden Turki, dengan membatalkan lawatan ke Iran pada situasi seperti ini, telah menyia-nyiakan kesempatan. Menurut saya pembatalan lawatan ini adalah kesalahan," tambahnya.

Menurut Dogu Perincek, salah satu penyebab utama inflasi di Turki adalah biaya energi.

Turki bisa memanfaatkan kesempatan bertetangga dengan sejumlah negara produsen energi dengan mempelajari secara seksama posisi geografisnya.  

"Dua hari setelah kunjungan Presiden Israel ke Ankara, Presiden Turki membatalkan rencana lawatan ke Iran. Anda takut Amerika Serikat menggulingkan pemerintahan anda, artinya anda berkata pada Amerika Serikat, jangan gulingkan saya, saya tidak akan datang ke Iran," paparnya.

Dia menuturkan,"Turki adalah negara miskin energi, 45 persen impor negara ini hanya untuk memenuhi kebutuhan energinya.”

“Dalam kondisi seperti ini, Turki harus berani berkata kepada AS, jangan campuri pembelian energi saya dari Iran dan Rusia," pungkas Dogu Perincek. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT