ADVERTISEMENT

BBM Murah Bikin Geger Malaysia, Ini Sebabnya

Jumat, 8 April 2022 08:00 WIB

Share
SPBU di Malaysia
SPBU di Malaysia

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

MALAYSIA, POSKOTA.CO.ID - Publik Malaysia geger gegara bahan bakar minyak atau BBM. Hal ini dipicu subsidi BBM yang tidak tepat sasaran.

Kegaduhan ini terjadi akibat info viral tentang mobil yang diduga milik warga negara Singapura membeli bensin jenis RON 95 yang disubsidi pemerintah Malaysia di SPBU yang berada di kawasan Johor Bahru.

Kabar ini diunggah mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak melalui akun Facebook pribadinya.

Najib dalam unggahannya membagikan foto seorang laki-laki dan mobil yang terdaftar di Singapura mengisi bensin pegangan (nozel) kuning. Warna itu untuk bensin jenis RON 95 yang disubsidi Pemerintah Malaysia.

RON 95 merupakan bensin termurah di Malaysia dengan harga RM 2,05 per liter atau sekitar Rp 6.900 per liter. Bensin RON 95 ini disubsidi oleh negara untuk warga Malaysia.

Banyak warga Malaysia mengecam kejadian ini.

Warga Malaysia tidak terima pajak yang mereka bayarkan dipakai untuk menyubsidi mobil-mobil milik warga Singapura.

Johor Bahru maupun Singapura selama ini terhubung dengan akses jalan darat secara langsung. Hal ini membuat banyak mobil dari Singapura yang lalu lalang di wilayah Malaysia.

Pengendara mobil dari Singapura sebenarnya tak dilarang mengisi BBM di SPBU Malaysia. Asalkan hanya membeli BBM non subsidi seperti RON 97.

Harga RON 97 saat ini RM 3,83 atau sekitar Rp 13.075 per liter.  BBM RON 97 ini dijual di SPBU Malaysia bisa diketahui dari gagang nozel warna hijau.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT