Menarik! Inilah Tradisi Unik Ramadhan di Berbagai Negara

Rabu, 6 April 2022 13:03 WIB

Share
Ilustrasi tradisi Ramadhan. (Foto: Freepik).
Ilustrasi tradisi Ramadhan. (Foto: Freepik).

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ramadhan tidak hanya sekadar menjalankan ibadah puasa, melainkan terdapat tradisi, budaya, dan sejarah di dalamnya.

Muslim di seluruh dunia merayakan bulan ini dengan perayaan meriah dalam rangka bulan yang suci di berbagai wilayah mereka dan telah diturunkan dari generasi ke generasi. 

Ingin tahu bagaimana orang-orang di seluruh dunia merayakan bulan suci Ramadhan? Berikut beberapa tradisi Ramadhan dari berbagai negara!

1. Mesir

Setiap tahun, warga Mesir merayakan Ramadhan dengan Fanous. Fanous adalah lampu berwarna cerah yang menandakan persatuan dan kegembiraan di bulan suci. Jalan-jalan, rumah, dan lingkungan di Mesir diterangi dengan lentera logam dan kaca berwarna ini sebagai bagian dari tradisi Ramadhan. 

Meskipun tradisi Ramadhan ini lebih bersifat budaya, tradisi ini sangat erat kaitannya dengan bulan suci Ramadhan dan telah memperoleh makna spiritual. Fanous adalah salah satu tradisi Ramadhan yang paling berwarna dan indah di dunia.

2. Uni Emirat Arab

Festival Haq al Laila adalah tradisi Ramadhan yang terkenal dari Uni Emirat Arab. Festival itu terjadi pada tanggal 15 Sya'ban (sebulan sebelum Ramadhan dalam kalender Islam). Tradisi ini hampir mirip dengan ritual trick-or-treat Barat.

Dalam festival ini, anak-anak berpakaian cerah berkeliaran di lingkungan mereka, mengumpulkan kacang-kacangan dan permen di tas jinjing yang dikenal sebagai Kharyta sambil menyanyikan lagu-lagu tradisional Arab. 

Lagu "Aatona Allah Yutikom, Bait Makkah Yudikum "yang diterjemahkan dari bahasa Arab menjadi 'Berikan kepada kami dan Allah akan membalas Anda dan membantu Anda mengunjungi Rumah Allah di Mekah'
Tradisi Ramadhan ini dianggap sebagai bagian dari identitas nasional Emirat di Uni Emirat Arab.

Halaman
Editor: Muhammad Rio Alfin Pulungan
Contributor: Jihan Hanifah
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar