ADVERTISEMENT

Sambut Ramadan 1443 H, Wapres Sampaikan Puasa Bukan Sekedar Menahan Makan dan Minum

Sabtu, 2 April 2022 12:26 WIB

Share
Wapres KH Ma'ruf Amin . (dok.poskota)
Wapres KH Ma'ruf Amin . (dok.poskota)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sebagian besar umat Islam Indonesia melaksanakan ibadah puasa Ramadhan pada hari Minggu, 3 April 2022, dan Muhammadiyah menjalankannya hari Sabtu, 2 April 2022.

Inilah pesan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menyambut puasa Ramadhan 1443 H, bahwa selama 1 bulan ke depan kita akan menjalankan ibadah puasa. 

"Berpuasa bukan sekadar menahan diri dari makan dan minum, namun lebih dari itu, di dalamnya terkandung makna tentang penghambaan kepada Allah, keteladanan Rasulullah, pengorbanan, dan keikhlasan," kata Wapres yang disampaikan di Jakarta, Sabtu (2/4/2022).

Wapres mengatakan puasa adalah ibadah yang tidak terlihat yang hanya diketahui oleh diri yang berpuasa sendiri atau shaim dan Allah SWT. 

 

"Saat berpuasa adalah waktu yang tepat bagi kita untuk meningkatkan taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah sekaligus melakukan muhasabah atau introspeksi diri untuk menjernihkan hati dan pikiran," tambahnya.

Selama dua tahun kita dihadapkan kepada masa pandemi Covid-19 yang merupakan musibah global. Dinamika kehidupan keberagamaan yang turut terpengaruh oleh kondisi pandemi, insyaallah akan semakin membaik. 

Umat Islam agar semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah, taubat, istighfar, dzikir, membaca shalawat, dan sedekah, serta berdoa kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan, inayah, dan keselamatan dari musibah dan marabahaya dalam rangka daf’i al-bala’ atau menolak bala, khususnya dari pandemi Covid-19. 

 

"Saya juga mengajak seluruh umat Islam Indonesia agar menjadikan Ramadan sebagai syahr as-shadaqah atau bulan untuk memperbanyak sedekah termasuk juga mengeluarkan zakat maal sebab momentumnya begitu tepat, dan jangan menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan yang lebih konsumtif," tutur Wapres Ma'ruf.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT