ADVERTISEMENT

Perlunya Kerjasama Orang tua dan Sekolah Saat PTM dibulan Ramadhan 

Kamis, 31 Maret 2022 13:10 WIB

Share
Hery Setyawan,M.Pd. Guru SMPN 42 Jakarta.(Ist)
Hery Setyawan,M.Pd. Guru SMPN 42 Jakarta.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KURANG lebih satu bulan yang lalu ketika covid 19 dengan varian omicronnya menunjukan angka yang cukup tinggi sehingga pemerintah mengubah kembali status pandemi dengan level 3, hal tersebut berdampak kepada beberapa kegiatan masyarakat kembali dibatasi untuk menekan angka penderita varian ini meningkat.

Dunia pendidikan pun ikut terdampak pada kebijakan yang dilakukan pemerintah tersebut, dimana harus mengubah kembali kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan tatap muka kini harus kembali melakukan pembelajaran dari rumah. 

Status pandemi covid 19 kini sudah melandai dengan diberlakukannya level 2 dengan keluarnya surat keputusan gubernur DKI Jakarta No 226 Tahun 2022 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 2 dan juga kemendikbud telah mengizinkan sekolah melakukan kegiatan tatap muka 100 persen ( www.kompas.com ).

Sekolah harus bersiap  untuk melakukan pembelajaran tatap muka 100 persen, namun kali ini pembelajaran tatap muka dilakukan dengan suasana yang berbeda karena kurang lebih dua pekan lagi kita akan memasuki bulan ramadhan. 

Pengalaman dua tahun di masa pandemi ketika pembelajaran jarak jauh harus dilakukan bertepatan dengan bulan ramadhan. Sebagian  siswa tidak peduli dengan kegiatan yang dibuat oleh sekolah selama bulan ramadhan. 

Padahal sekolah sudah merancang kegiatan selama bulan ramadhan dengan baik walaupun dilakukan dengan daring atau online. 

Pembelajaran tatap muka yang dilakukan dalam bulan ramadhan memang berbeda biasanya diisi dengan berbagai kegiatan penguatan karakter religius siswa dan berbagai kegiatan keagamaan seperti tadarus, pesantren ramadhan hingga buka puasa bersama.

Apalagi pada  pembelajaran tatap muka kali ini dilakukan masih dalam suasana pandemi harus tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Berbagai kegiatan diatas dapat dilakukan apabila adanya kerjasama yang baik dari sekolah dengan orang tua agar pembelajaran tatap muka di bulan ramadhan ini dapat berjalan dengan baik. Orang tua harus untuk mengontrol anaknya selama mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah. 

Sekolah harus merancang berbagai kegiatan sebelum bulan ramadhan dengan kegiatan bervariatif bukan hanya kegiatan belajar mengajar didalam kelas saja tetapi dengan berbagai bentuk kegiatan penguatan pendidikan karakter selama bulan ramadhan yang dikemas dengan menarik sehingga membuat siswa senang dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
3 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT