Kekurangan Pangan Global Diperingatkan Program Pangan Dunia

Kamis, 31 Maret 2022 06:30 WIB

Share
Kekurangan Pangan Global Diperingatkan Program Pangan Dunia
David Beasley

AS, POSKOTA.CO.ID - Perang Rusia-Ukraina menggagalkan upaya mengirim makanan ke sekitar 125 juta orang di seluruh dunia.

Peringatan ini datang dari Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia (WFP) David Beasley.

"Perang Rusia-Ukraina bukan hanya menghancurkan Ukraina dan kawasan tetapi juga berdampak pada dunia di luar apa yang kita lihat selama Perang Dunia II. Karena Ukraina telah menjadi dari keranjang roti dunia ke penerima roti," kata David Beasley pada Selasa (29/03/2022) di sidang Dewan Keamanan PBB menurut laporan Reuters.

Dia menambahkan bahwa 50 persen dari biji-bijian yang dibeli oleh WFP berasal dari Ukraina sehingga dapat membayangkan tingkat kehancuran operasi lembaga ini.

"Krisis ini diperparah oleh kelangkaan pupuk dari Belarusia dan Rusia. Karena jika Anda tidak memupuk tanaman Anda, setidaknya 50 persennya akan hilang. Jadi kami melihat akan ada bencana di bulan-bulan mendatang,” lanjut David Beasley.

WFP sebelum invasi Rusia ke Ukraina harus berjuang dengan harga bahan bakar yang tinggi, harga pangan, biaya transportasi, dan terpaksa memangkas bantuan kepada jutaan orang di daerah-daerah seperti Yaman. ***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar