ADVERTISEMENT

Militer Korea Selatan: Korea Utara Ternyata Tidak Menguji Coba “Rudal Monster”

Rabu, 30 Maret 2022 22:00 WIB

Share
Rudal balistik antar benua Hwasong-17.
Rudal balistik antar benua Hwasong-17.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KOREA SELATAN, POSKOTA.CO.ID - Rudal jarak jauh yang diluncurkan Korea Utara pekan lalu kemungkinan besar adalah yang sebelumnya diuji coba pada 2017.

Benda tersebut bukan rudal balistik antar benua jenis baru seperti yang dinyatakan Korea Utara menurut Juru Bicara Militer Korea Selatan.

Rudal yang digunakan dalam uji coba pada 24 Maret lalu kemungkinan besar adalah versi modifikasi rudal balistik antar benua Hwasong-15 bukan Hwasong-17 yang lebih besar.

Meskipun Korea Utara menguji coba rudal yang berukuran lebih kecil namun ini mungkin masih mewakili perbaikan teknologinya.

Dilansir dari VOA, para pejabat Jepang dan Korea Selatan menyatakan rudal itu terbang lebih jauh dan lebih tinggi daripada rudal balistik antar benua yang diluncurkan Korea Utara sebelumnya.

Televisi pemerintah Korea Utara pekan lalu merilis cuplikan rekaman video pemimpin Kim Jong Un yang secara pribadi mengarahkan apa yang dia nyatakan sebagai peluncuran terbaru.

Video itu mencakup klip-klip gerak lambat dan suntingan mencolok Kim Jong Un yang mengenakan jaket kulit hitam dan kaca mata hitam.

Cuplikan rekaman itu segera menjadi viral. Para pemberi komentar di internet menyebut Kim Jong Un tampak meniru Maverick, tokoh utama dalam film Hollywood produksi tahun 1986, Top Gun.

Para pakar pertahanan menunjukkan ketidakkonsistenan dalam video itu dengan mengatakan cuplikan itu tampaknya berasal dari rekaman uji coba Hwasong-17 pada 16 Maret.

Rudal itu meledak tidak lama setelah diluncurkan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT