ADVERTISEMENT

Uni Eropa: Kesalahan Donald Trump Yaitu Keluar Dari Kesepakatan Nuklir Iran

Selasa, 29 Maret 2022 20:00 WIB

Share
Uni Eropa
Uni Eropa

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AUSTRIA, POSKOTA.CO.ID - Pembicaraan Wina untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir JCPOA saat ini berada pada fase akhir yang kritis menurut pejabat Uni Eropa.

Juru Bicara Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Uni Eropa Nabila Massrali negosiasi Wina untuk menghidupkan kembali JCPOA sedang berlangsung dan mendekati tahap akhir yang kritis. Kata dia pada Senin (28/3/2022).

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell sebelumnya menegaskan,"Pemerintahan Trump melakukan kesalahan dengan menarik diri keluar dari kesepakatan nuklir dengan Iran.”

"Kami mencapai kesepakatan nuklir dengan Iran dan saat ini kami mencapai kesepakatan pada 95 persen poin yang dibahas," tegas Borrell.

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian pada hari Minggu menyatakan Eropa akan mempertahankan kesepakatan nuklir dengan Iran meskipun AS keluar dari JCPOA.

Para juru runding di Wina sekitar dua pekan lalu mengumumkan bahwa pembicaraan Wina tentang JCPOA  dihentikan untuk jeda dan memberikan kesempatan kepada para delegasi kembali ke ibu kota mereka untuk berkonsultasi.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan pembicaraan telah ditangguhkan karena faktor eksternal. Josep Borrell menolak mengomentari faktor eksternal tersebut.

Tetapi Iran mengatakan beberapa tuntutan baru AS dan beberapa tindakan, seperti penyitaan kapal tanker Iran, telah memperumit negosiasi. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT