ADVERTISEMENT

Juru Bicara Taliban Ungkap Proyek Besar Jalur Kereta Api Iran – Afghanistan – Tiongkok

Selasa, 29 Maret 2022 20:00 WIB

Share
Jalur kereta api Khaf - Herat.
Jalur kereta api Khaf - Herat.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AFGHANISTAN, POSKOTA.CO.ID - Iran berjanji akan membangun jalur kereta api dari Herat di Afghanistan menuju barat Tiongkok.

Pernyataan ini disampaikan Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid.

Zabihullah Mujahid yang juga merangkap Menteri Informasi dan Budaya Afghanistan pada Senin (28/3/2022) menyinggung pertemuan pejabat Taliban dan Iran di Kabul dan Tehran dalam beberapa bulan terakhir.

Pertemuan ini membahas berbagai isu penting termasuk proyek jalur kereta api yang menghubungkan Iran-Afghanistan-Tiongkok.

"Iran bermaksud untuk mengimplementasikan proyek yang sangat besar di Afghanistan," ujar Zabihullah Mujahid.

"Iran telah berjanji untuk memperluas proyek jalur kereta api Khaf-Herat ke Badakhshan dan dari sana menuju Tiongkok," lanjutnya.

Jalur kereta api api Khaf-Herat pada tahun lalu diresmikan Hassan Rouhani dan Ashraf Ghani, Presiden Iran dan Afghanistan saat itu.

Rel kereta api telah dibangun dalam empat bagian. Di antaranya sekitar 77 km berupa dua tahap di Iran dan bagian ketiga dari titik nol perbatasan hingga stasiun Rozang sepanjang 66 km di wilayah Afghanistan.

Perubahan rezim di Afghanistan setelah naiknya Taliban menyebabkan proses konstruksi dan penyelesaian proyek ini terhenti.

Juru Bicara Taliban juga menyatakan Iran siap untuk berinvestasi di Afghanistan di sektor lain seperti energi dan pertambangan. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT