Apa itu Fitur DRS pada Mobil F1? Ini Dia Cara Kerja, Alasan dan Syarat Penggunaan Teknologi Canggih Terbaru Itu

Rabu, 30 Maret 2022 13:30 WIB

Share
Fitur DRS (Drag Reduction System) pada mobil Formula 1. (Foto/Instagram/f1)
Fitur DRS (Drag Reduction System) pada mobil Formula 1. (Foto/Instagram/f1)

Dengan mengaktifkan DRS, pembalap yang berada di belakang mobil lain dapat dengan leluasa menyalip lawannya.

Syarat Penggunaan DRS

Meskipun DRS sangat menguntungkan, namun pembalap tidak bisa seenaknya mengaktifkan DRS. Ada syarat dan ketentuan lokasi penggunaannya.

 

Viral! Belum Urus Perizinan, Konser Tulus Bertajuk Soundfest 2022 Gagal Digelar

DRS hanya dapat digunakan ketika kondisi tertentu terpenuhi, seperti ketika pembalap berada dalam jarak 1 detik dari mobil lain. Selain itu, DRS hanya bisa diaktifkan pada zona-zona tertentu yang telah ditentukan.

Biasanya ditandai dengan adanya tulisan DRS di pinggir lintasan, misalnya pada lintasan lurus. Ketika DRS diaktifkan, sayap belakang mobil akan terbuka otomatis.

Apabila pembalap sudah akan memasuki tikungan, DRS akan nonaktif dan sayap belakang akan kembali tertutup. DRS tidak dapat diaktifkan dalam dua putaran pertama balapan atau restart balapan setelah safety car dan jika kondisi cuaca dianggap tidak cukup aman.

Sejak Formula 1 memperkenalkan DRS pada tahun 2011, fitur tersebut memberikan keuntungan kepada pembalap untuk bisa menyalip lawannya. Sebagian besar sirkuit F1 memiliki setidaknya satu zona DRS pada lintasan lurus. Namun, ada beberapa sirkuit yang memiliki dua zona DRS. (Muchammad Yazid)

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar