ADVERTISEMENT

Pastikan Kelancaran Operasional, SPPI Minta Pemerintah Bayarkan Subsidi dan Sesuaikan Harga Minyak

Jumat, 25 Maret 2022 09:34 WIB

Share
Ketua Umum SPPSI, Muhammad Anis. (Ist)
Ketua Umum SPPSI, Muhammad Anis. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI) menyatakan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi di tengah tingginya harga minyak mentah bisa menjadi salah satu kesempatan bagi pemerintah dalam menjaga ketahanan energi.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum SPPSI, Muhammad Anis. Menurut Anis, penyesuain harga dinilai mampu mengatasi kerugian dari perusahaan pelat merah penyalur bahan bakar minyak yakni PT Pertamina (Persero).

"Kita ketahui harga pertamax saat ini masih Rp.9000, sedangkan harga pasar sudah diatas Rp.10.000. Untuk pertalite harga Rp 7.650, di SPBU Umum bisa mencapai Rp 8.000," kata Anis dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/3/2022).

 

Selain itu, dirinya juga meminta pemerintah harus segera membayar piutang PT Pertamina (Persero) yang telah mencapai Rp 100 triliun agar BUMN itu bisa tetap menjalankan penugasan di tengah tingginya harga minyak mentah dunia. 

Harga minyak yang terus naik di atas US$ 100 per barel telah menggerus arus kas (cashflow) Pertamina.

Menurut Anis, jika piutangnya tidak segera dibayar, Pertamina dalam beberapa bulan ke depan dikhawatirkan tak mampu lagi menjalankan penugasan-penugasan pemerintah, seperti program BBM satu harga, program pengadaan dan pendistribusian BBM bersubsidi, serta program pengadaan dan pendistribusian elpiji bersubsidi. 

“Bahkan, pasokan BBM di dalam negeri bisa terganggu,” jelasnya.

"Penyesuaian harga BBM dan pembayaran subsidi Pemerintah ke Pertamina ini akan memastikan seluruh penugasan pemerintah dan kegiatan operasional dari hulu ke hilir berjalan dengan baik," lanjut Anis.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT