ADVERTISEMENT

Peringatan Rusia: Harga Minyak Bisa Capai 500 Dolar AS per Barel

Selasa, 22 Maret 2022 09:00 WIB

Share
Minyak Rusia (Ilustrasi)
Minyak Rusia (Ilustrasi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

RUSIA, POSKOTA.CO.ID - Peringatan datang ketika Uni Eropa bersiap untuk mempertimbangkan embargo pada minyak mentah Rusia.

Harga minyak akan melonjak menjadi 300 dolar per barel jika Barat memutus minyak Rusia, kata Wakil Perdana Menteri Rusia dan mantan Menteri Energi Alexander Novak pada Senin (21/3/2022) seperti dilansir dari RT.

Dia menambahkan,"Beberapa melihatnya mungkin mencapai 500 dolar per barel."

Peringatan itu muncul ketika Uni Eropa berencana untuk membahas penempatan embargo minyak mentah Rusia sebagai bagian dari rangkaian sanksi kelima yang bertujuan memberi lebih banyak tekanan pada Moskow untuk menghentikan operasi militer di Ukraina.

Alexander Novak menambahkan jika konsumen Barat berhenti membeli minyak mentah Rusia maka Rusia akan melakukan diversifikasi pasokan dan akan mencari pembeli di tempat lain.

Harga minyak telah naik hampir 400 dolar per barel pada hari Senin. Dengan patokan global Brent melebihi 112 dolar pada tengah hari waktu Greenwich di tengah harapan bahwa Uni Eropa mungkin bergabung dengan Amerika Serikat dalam melarang impor minyak mentah Rusia.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menyebut embargo semacam itu tidak realistis.

Dia menunjukkan bahwa negara-negara UE masih sangat bergantung pada minyak dan gas Rusia dan tidak bisa begitu saja memutus dalam waktu singkat.

“Terlalu banyak kilang di bagian timur dan barat Eropa masih sepenuhnya bergantung pada minyak Rusia dan dengan gas itu bahkan lebih buruk,” kata Mark Rutte pada Senin (21/3/2022) seperti dikutip dari Reuters. (***)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT