ADVERTISEMENT

Pecinta Akik Gelar Pameran, Bacan Dijual Miliaran Rupiah

Minggu, 13 Maret 2022 14:31 WIB

Share
Bacan Rock Show di Pasar Rawabening, Jatinegara, Jakarta Timur. (foto: poskota/novriadji wibowo)
Bacan Rock Show di Pasar Rawabening, Jatinegara, Jakarta Timur. (foto: poskota/novriadji wibowo)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Batu akik sempat booming beberapa waktu lalu, tepatnya pada 2014. Saat itu, jutaan masyarakat Indonesia tergiur keindahan batu akik. Saking terkenalnya bahkan satu batu akik harganya bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Seiring perkembangan zaman, kebesaran nama batu akik berangsur pudar. Pecinta batu hiasan itu tidak lagi melegenda seperti sebelumnya. Harga batu akik pun berangsur-angsur turun. Bahkan, saat ini ada yang menjual batu akik seharga Rp20 ribu per biji.

Namun meski batu akik tidak sepopuler pada zamannya, tetap saja ada perkumpulan orang yang masih mencintai dan menyukai batu akik. Ya, mereka ada yang membentuk perkumpulan yakni komunitas pecinta batu akik.

Salah satu komunitas pecinta batu akik jenis bacan asli Indonesia yakni Bacan Rock Show. Mereka menggemari batu akik bacan karena warnanya yang indah dan berkarakter Indonesia.

Virgo (48) anggota Bacan Rock Show menyebut fenomena batu akik sudah tidak seramai dulu, termasuk untuk batu bacan yang termasuk fenomental atau primadona di antara batu akik lainnya.

“Dari segi peminat, pecinta bacan masih lumayan banyak. Tidak benar jika bacan sudah redup. Di kalangan kolektor, masih ramai kok. Untuk penjualan secara umum, bacan juga masih di atas,” ujar Virgo, belum lama ini.

Virgo mengungkapkan, bacan ada lima jenis yang populer yaitu batu bacan Doko, Palamea, Obi, Halmahera dan Pancawarna (fosil).

Dari kelima jenis bacan yang paling terkenal dan digemari adalah bacan Doko. Karena memiliki warna hijau tua yang indah terlebih bila terkena cahaya.

Batu bacan Doko sendiri berasal dari nama desa tempat pertama kali batu tersebut ditemukan di Desa Doko, Kepulauan Kasiruta, Halmahera, Maluku Utara.

Batu bacan memiliki warna khas, mulai dari hijau bening hingga gelap. Demikian halnya batu bacan Palamea. Agar kharisma bacan sebagai batu akik terkenal tidak pudar, komunitas tersebut menggelar kontes di daerah Pasar Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur, dimana para kolektor batu bacan berkumpul melakukan kontes.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT