Pejuang Sipil Ukraina dan Penduduk Kiev Bersiap Menghadapi Serangan Besar Rusia

Sabtu, 12 Maret 2022 23:14 WIB

Share
Pejuang Sipil Ukraina (Foto: twitter/@Ghost_of_Kiev)
Pejuang Sipil Ukraina (Foto: twitter/@Ghost_of_Kiev)

KIEV, POSKOTA.CO.ID – Pejuang sipil Ukraina dan penduduk Kiev sedang mempersiapkan serangan besar saat pasukan Rusia mengepung kota dengan pasukan dan artileri hanya beberapa kilometer jauhnya.

Saat ini invasi Rusia ke Ukraina telah berlangsung selama 17 hari sejak perintah Presiden Rusia Vladimir Putin pada 24 februari.

Sirene serangan udara terdengar di seluruh wilayah ibu kota pada hari Sabtu (12/3/2022) ketika serangan roket membuat penduduk berlarian mencari perlindungan. Pertempuran meletus di beberapa daerah di sekitar Kiev.

 

Dilansir dari Al Jazeera pada Sabtu (12/3/2022), bagi salah seorang pejuang sipil Ukraina Yurii Malinskiyi, perang melawan Rusia kini jadi urusan pribadi. Sebab adik bungsunya tewas oleh tembakan roket Rusia empat hari lalu.

Malinskiyi adalah seorang mantan perwira angkatan udara. Dia meninggalkan pekerjaannya sebagai sopir truk di Belanda untuk bergabung dengan pertahanan sipil Ukraina dan berperang melawan penjajah Rusia.

“Saya mengenali saudara laki-laki saya hanya dari pakaiannya; tidak ada cara lain untuk mengenalinya,” kata Malinskiyi kepada Al Jazeera, Malinskiyi saat ituberdiri di jalan di depan barikade ban besar.

 

“Inilah orang-orang yang tidak pernah berperang, yang tidak pernah melepaskan tembakan, yang bahkan tidak pernah mendengar suara senapan, tetapi kita semua siap. Percayalah, moral saya tidak pernah setinggi ini dan saya tidak pernah siap ini, ”katanya.

Gambar satelit yang diambil pada hari Kamis oleh sebuah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat menunjukkan konvoi tentara Rusia sepanjang 64 km. Tank tersebut ditempatkan di luar Kiev selama hampir dua minggu.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar