Rusia Sebut AS Cemaskan Laboratorium Biologis Miliknya di Ukraina

Kamis, 10 Maret 2022 20:00 WIB

Share
Laboratorium biologis (Ilustrasi)
Laboratorium biologis (Ilustrasi)

AS, POSKOTA.CO.ID - Amerika Serikat mencemaskan akses Rusia ke patogen-patogen yang ada di laboratorium-laboratorium biologis AS di Ukraina.

Pernyataan ini datang dari Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat Anatoly Antonov pada Rabu (9/3/2022).

"Statemen Departemen Luar Negeri AS terkait laboratorium biologis di Ukraina menunjukkan bahwa Washington khawatir patogen-patogen penyebab penyakit yang disimpan di sana, jatuh ke tangan pasukan Rusia, tuturnya seperti dikutip dari RIA Novosti.

Dia menambahkan,"Jika sampai patogen-patogen itu jatuh ke tangan Rusia maka Ukraina dan AS harus mengakui pelanggaran konvensi pelarangan senjata biologis dan senjata beracun."

Deputi Menteri Luar Negeri AS Victoria Nuland mengatakan AS dan Ukraina saat ini sedang berusaha mencegah supaya fasilitas riset biologis di Ukraina tidak jatuh ke tangan pasukan Rusia.

Menurut Anatoly Antonov, ada informasi penghilangan jejak patogen-patogen berbahaya seperti patogen penyebab wabah, penyebab penyakit antraks, tularemia, kolera, dan penyakit mematikan lainnya.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa Departemen Pertahanan AS Pentagon merupakan konsumen produk-produk biologis yang diproduksi di laboratorium-laboratorium di Ukraina tersebut.

"AS terus melanjutkan uji coba senjata biologis di luar wilayah negaranya, di dekat perbatasan negara kami, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova. ***

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar