Negosiator Perundingan Ukraina – Rusia Tewas

Minggu, 6 Maret 2022 11:07 WIB

Share
Denis Kireev
Denis Kireev

UKRAINA, POSKOTA.CO.ID - Peserta dalam pembicaraan damai putaran pertama dilaporkan tewas dalam penangkapan di Kyiv.

Sumber di Ukraina menyatakan anggota delegasi yang dikirim Kyiv untuk terlibat dalam pembicaraan dengan Moskow awal pekan ini tewas pada Sabtu. Demikian dilansir dari RT pada Sabtu (5/3/2022).

Pernyataan pertama tentang kematian Denis Kireev datang dari Aleksandr Dubinsky, anggota parlemen dan jurnalis yang kontroversial.

Dalam sebuah posting di media sosial, dia menyatakan Denis Kireev telah dibunuh agen SBU, dinas keamanan Ukraina, dalam upaya untuk menangkapnya.

Pernyataan itu kemudian dikonfirmasi dua media, Ukraina dan Obozrevatel. Keduanya mengutip sumber anonim mereka sendiri.

Yang pertama menerbitkan foto yang kabur sebagian dari apa yang dinyatakan sebagai tubuh pria itu.

Gambar itu menunjukkan seseorang berbaring di trotoar menghadap ke atas dengan apa yang tampak seperti darah di wajahnya dan menggenang di bawah kepala. Tidak ada komentar dari pejabat Ukraina yang tersedia pada pukul 4 sore waktu setempat pada Sabtu.

Deskripsi yang lebih dramatis tentang apa yang diduga terjadi diterbitkan Anatoly Sharij, politisi dan jurnalis Ukraina. Dia menyatakan Denis Kireev dieksekusi dengan tembakan di kepala di dekat gedung pengadilan di Kyiv.

Denis Kireev, memiliki latar belakang perbankan, difoto duduk di ujung kanan meja perundingan bersama pejabat Ukraina lainnya selama putaran pertama pembicaraan damai dengan Rusia pada Senin. Untuk beberapa alasan, daftar resmi enam perwakilan yang dirilis Kyiv ke media tidak mencantumkan namanya, sehingga statusnya selama pembicaraan masih belum jelas.

Saluran 5 TV Ukraina pada bulan lalu menyatakan Denis Kireev telah diselidiki SBU karena diduga memiliki hubungan dengan dinas intelijen Rusia setidaknya sejak 2020. Diduga penyelidikan telah dibatalkan karena dia memiliki koneksi pribadi di badan tersebut.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar