ADVERTISEMENT

Kali Ini Putin Peringatkan Ukraina Benar-Benar dalam Posisi Bahaya

Minggu, 6 Maret 2022 09:37 WIB

Share
Vladimir Putin. (Foto: Twitter/@CodeZ)
Vladimir Putin. (Foto: Twitter/@CodeZ)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan tindakan Ukraina yang terus memerangi Rusia benar-benar membuat Kiev berada dalam bahaya yang nyata. Moskow sebelumnya menuduh Kiev memaafkan aktivitas neo-Nazi di negara bagian itu, dan menyerang orang-orang di republik Donbass.

“Jika mereka melanjutkan apa yang mereka lakukan, mereka akan mempertanyakan masa depan negara Ukraina,” kata Putin dalam pertemuan dengan perwakilan perempuan dari industri penerbangan sipil Rusia, dikutip dari RT, Ahad (6/3/2022).

Putin menambahkan bahwa jika ini terjadi, pihak berwenang Ukraina “hanya akan menyalahkan diri mereka sendiri.”

Sebelumnya pada hari Sabtu, presiden Rusia juga menyatakan keprihatinan atas ambisi nuklir Ukraina. Warisan Soviet telah memberi Kiev kemampuan untuk memproduksi senjata nuklir dan rudal berkemampuan nuklir.

Tak hanya itu, Rusia juga khawatir negara-negara Barat mungkin membantu Kiev dalam mencapai tujuan ini.

“Sekarang, [pemerintah Ukraina] berbicara tentang potensi status nuklir. Itu berarti mereka mencari senjata nuklir. Kami tidak bisa mengabaikan hal-hal itu, terutama mengingat bagaimana Barat memperlakukan Rusia,” kata Putin. 

Dia juga memperingatkan bahwa nasib Rusia akan berubah segera Ukraina memperoleh senjata nuklir. 

Dalam skenario seperti itu, musuh Rusia akan membuat Moskow “di bawah todongan senjata nuklir,” menambahkan bahwa ancaman ini “benar-benar nyata.” 

Putin mengatakan masuknya Ukraina ke NATO akan menimbulkan ancaman bagi Krimea, yang bergabung dengan Rusia pada 2014 menyusul referendum yang tidak diakui Kiev.(*)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT