ADVERTISEMENT

Di Korea Utara, Berita Invasi Rusia ke Ukraina Dibatasi

Minggu, 6 Maret 2022 22:00 WIB

Share
Korea Utara (Ilustrasi)
Korea Utara (Ilustrasi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KOREA UTARA, POSKOTA.CO.ID - Informasi mengenai invasi Rusia ke Ukraina dibatasi di Korea Utara.

Pihak berwenang Korea Utara terlebih dulu memberitahu hanya anggota Partai Pekerja Korea yang berkuasa dalam pertemuan pribadi.

Beberapa hari kemudian baru warga Korea Utara mengetahui berita invasi Rusia tersebut.

Di negara satu partai itu, keanggotaan dalam Partai Pekerja tersedia bagi mereka yang memiliki hak-hak istimewa atau bagi tentara teladan yang telah menyelesaikan tugas wajib yang lama di angkatan bersenjata.

Militer Rusia memulai invasi besar-besarannya ke Ukraina pada 24 Februari 2022. Tetapi baru dua hari kemudian Pyongyang memberitahu para anggota partai.

“Kemarin setiap komite partai regional di provinsi memberitahu semua anggota partai bahwa sekutu kuat kita Rusia sedang berperang,” kata seorang pejabat dari provinsi di bagian barat laut, North Pyongan kepada RFA pada 27 Februari lalu.

“Hubungan internasional tegang karena Rusia berperang sehingga komite partai regional meminta semua orang bersiap untuk dimobilisasi setiap saat,” kata sumber itu.

Uni Soviet membantu mendirikan Korea Utara pada 1948 usai menduduki separuh bagian di utara Semenanjung Korea menyusul kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II. Kakek pemimpin saat ini Kim Jong Un ditetapkan Uni Soviet sebagai pemimpin Korea Utara masa itu.

Rusia di bawah Vladimir Putin melangkah pada tahun 2000 untuk merevitalisasi hubungan dengan Pyongyang yang merosot seiring dengan runtuhnya Uni Soviet.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT