Awas! Jangan Sampai Celaka, Ini Dia Tips Pentingnya Merawat Ban Sepeda Motor

Selasa, 1 Maret 2022 10:30 WIB

Share
Pentingnya Merawat Ban Sepeda Motor.(muhamad ichsan)
Pentingnya Merawat Ban Sepeda Motor.(muhamad ichsan)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID  – Pentingnya peran ban pada sepeda motor tentunya harus mendapat perhatian khusus agar fungsinya bisa bekerja maksimal.

Beragam fungsi penting dari ban, di antaranya seperti menopang berat sepeda motor, mendukung kestabilan saat berkendara melewati berbagai medan jalanan, serta membantu daya cengkraman ke aspal saat pengereman.

“Ban menjadi komponen penting dari sepeda motor, perawatannya cukup sederhana dan mudah dilakukan secara mandiri namun seringkali diabaikan oleh para pengendara,” ujar Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

“Padahal rutin melakukan perawatan ban motor dapat menjaga kenyamanan serta performa dari sepeda motor itu sendiri. Maka, kami akan membagikan beberapa tips perawatan ban secara praktis bagi pengendara sepeda motor di Indonesia,” tambahnya.

Mengingat pentingnya peran ban, pengendara perlu memperhatikan dan merawat ban sepeda motor sebelum digunakan untuk menghindari risiko yang dapat ditimbulkan dari kelalaian merawat ban sepeda motor.

Berikut beberapa tips praktis untuk merawat ban pada sepeda motor, diantaranya :

1. Memeriksa Tampilan Luar Ban

Jika ada keretakan, sobek, kerusakan karena benda asing, atau bergelombang, segera lakukan pergantian ban ke bengkel resmi atau terpercaya.

 2. Memeriksa Usia Ban

Pada umumnya usia ban dapat mencapai 5 tahun, namun pengendara tetap harus memperhatikan kondisi ban, apalagi jika pengendara aktif dan rutin menggunakan sepeda motor, serta banyak melewati jalan yang tidak rata.

Halaman
Reporter: Iksan Muhammad
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar