ADVERTISEMENT

Bangun Mako Armada I, Kasal Tinjau Kesiapan Sarpras di Tanjung Pinang

Minggu, 27 Februari 2022 00:05 WIB

Share
Kasal Laksamana Yudo Margono saat di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. (foto: ist)
Kasal Laksamana Yudo Margono saat di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dalam rangka pergeseran Markas Koarmada I yang rencananya akan dipindahkan ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono melaksanakan peninjauan kesiapan sarana dan prasarana Lantamal IV Tanjung Pinang. 

"Rencananya akan kami pindahkan Komando Armada (Koarmada) I ke Tanjung Pinang, tapi ini masih dalam tahap peninjauan terlebih dahulu tentang sarana prasarana yang memungkinkan serta masih ada 3 alternatif lain antara di Batam, Tanjung Uban maupun Tanjung Pinang," ujar Kasal disela sela peninjauan, Jumat (25/2/2022).

Kedatangan Kasal yang didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono beserta rombongan disambut oleh Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, FKPD Prov 5 beserta para Pejabat dibawah jajaran Lantamal IV di di Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang.

Setibanya di Lantamal IV Kasal disambut jajaran kehormatan, valreep, pemasangan tanjak, pengalungan syal serta menyaksikan tari persembahan tepuk tepung tawar. Ada hal unik yang terjadi dalam penyambutan Kasal di Lantamal IV, yaitu adanya penampilan tari zapin gending Jalesveva Jayamahe oleh seluruh prajurit seluruh Tanjung Pinang. Usai kegiatan penyambutan dilanjutkan dengan paparan Danlantamal IV di depan Kasal dan rombongan.

Kasal mengatakan bahwa apabila nanti semuanya sudah ditinjau dan memungkinkan untuk Markas Komando (Mako) Koarmada I di Tanjung Pinang, Kasal akan laporan Presiden untuk mendapat persetujuan Presiden sehingga koarmada I bisa dipindahkan ke Tanjung Pinang.

"Jika Koarmada I pindah ke sini, nanti Lantamal IV saya rencanakan pindah di Batam jadi di sana berubah menjadi Lantamal IV Batam, sedangkan Lanal Batam pindah ke Tanjung Uban menjadi Lanal Bintan sehingga organisasi tidak berubah hanya posisinya saja yang kami ubah," jelas Kasal.

Sejumlah sarana prasarana ditinjau Kasal di antaranya gedung perkantoran Markas Komando (Mako), Dinas Perbekalan (Disbek), Dinas Angkutan (Disang), kantor Satuan Patroli (Satrol), Dermaga Yos Sudarso, Satsik, Lapangan Golf, Kampung Jawa, Perumahan Jalan Soedirman, Ke Mess Kowal Cut Nyak Dien, Rumdis Dewaruci, Rumdis Pattimura, Kantor Kogabwilhan I Lama, Yonmarhanlan IV dan kembali ke Mess Samadikun.

Kasal berharap  jika Koarmada I ditempatkan di Tanjung Pinang dengan unsur-unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang melaksanakan patroli akan lebih dekat ke daerah operasi sehingga efektiftas dan efiesiensi operasi dapat di jamin.

Di lokasi itu juga terdapat Landasan Udara Angkatan Laut (Lanudal) yang memungkinkan untuk patroli unsur-unsur udara yang dekat dengan Komando Pengendalian (Kodal) Koarmada I. Selain itu anggota yang akan mengawaki Koarmada I adalah personel yang mengawaki Lantamal, sehingga tidak banyak menggeser personel.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT