ADVERTISEMENT

Ingin Selalu Fit? Lakukan Olahraga Ini Untuk Latih Kekuatan dan Kelenturan Otot, Dijamin Aktivitas Sehari-hari Makin Produktif

Rabu, 23 Februari 2022 12:00 WIB

Share
Ilustrasi berolahraga. (Foto/pixabay.com)
Ilustrasi berolahraga. (Foto/pixabay.com)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Latihan kekuatan dan kelenturan akan membantu meningkatkan kekuatan otot, menjaga kepadatan tulang, meningkatkan keseimbangan, dan mengurangi nyeri sendi.

Latihan kekuatan ialah aktivitas apapun yang membuat otot bekerja lebih keras dari biasanya yang dapat memperkuat daya tahan otot.

Kekuatan dan daya tahan otot adalah dua bagian penting dari kemampuan tubuh untuk bergerak, mengangkat barang, dan melakukan aktivitas sehari-hari. 

Otot yang kuat sangat diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan tentu itu tidak terjadi begitu saja, perlu latihan fisik untuk dapat memperkuat otot.

Latihan kekuatan dan kelenturan akan membantu meningkatkan kekuatan otot, menjaga kepadatan tulang, meningkatkan keseimbangan, dan mengurangi nyeri sendi.

Di antara olahraga penguatan otot, yaitu angkat beban, bersepeda dan berenang.

Penguatan otot membantu mempertahankan kemampuan untuk melakukan tugas sehari-hari dan menghindari pengeroposan tulang di saat manusia sudah lanjut usia.

Untuk mendapatkan kekuatan otot yang diinginkan, perlu melakukan aktivitas ataupun latihan fisik yang rutin. Aktivitas penguatan otot yang melatih semua otot utama seperti kaki, pinggul, punggung, perut, dada, bahu, dan lengan. Minimal dua kali seminggu melakukan latihan fisik.

Selain aktifitas fisik, nutrisi makanan berperan penting untuk memperkuat otot dan makanan berprotein tinggi sangat penting jika Anda memiliki tujuan untuk mendapatkan otot, tetapi karbohidrat dan lemak juga merupakan sumber energi yang di perlukan.

Makanan yang direkomendasikan untuk memperkuat otot ialah telur, salmon, dada ayam, tuna.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT