ADVERTISEMENT

Ngeri, Lebih dari 30.000 Data Klien Bank Credit Suisse Bocor

Senin, 21 Februari 2022 23:50 WIB

Share
Kantor cabang Credit Suisse di Basel Swiss.
Kantor cabang Credit Suisse di Basel Swiss.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SWISS, POSKOTA.CO.ID - Bank terbesar kedua Swiss mengalami kebocoran data. Surat kabar Jerman dan media lain mengatakan kebocoran ini menimpa Credit Suisse.

Data yang bocor ini mengungkap rincian akun milik lebih dari 30.000 nasabah. Demikian dikutip dari Associated Press pada Senin (21/2/2022).

Sebagian nasabah tersebut memiliki catatan yang buruk. Termasuk keterlibatan mereka dalam tindakan kriminal.

Kebocoran itu menunjukkan kemungkinan gagalnya uji tuntas pemeriksaan pada banyak nasabah.

Credit Suisse mengatakan pihaknya menolak dengan keras tuduhan dan kritikan mengenai praktik bisnis bank yang dituduhkan itu.

Harian Jerman Sueddeutsche Zeitung mengatakan mereka menerima data itu secara anonim lewat mailbox digital yang aman lebih dari setahun lalu. Surat kabar itu mengatakan belum jelas apakah sumbernya merupakan individu atau kelompok. Harian itu tidak melakukan pembayaran atau membuat janji apapun untuk mendapatkan data tersebut.

Harian itu mengatakan pihaknya mengevaluasi data itu bersama Proyek Pelaporan Kejahatan Terorganisir dan Korupsi serta puluhan media lain termasuk The New York Times dan The Guardian. Data yang diperiksa berkisar dari 1940-an hingga satu dekade terakhir.

Credit Suisse menyebut "laporan tentang masalah ini berdasarkan informasi sebagian, tidak akurat, atau selektif yang diambil di luar konteks, menimbulkan interpretasi tendensius mengenai kegiatan bisnis bank tersebut."

Bank itu mengatakan telah memeriksa banyak akun yang kemungkinan terasosiasi dengan tuduhan itu.

Sekitar 90 persen di antaranya ssudah tutup atau dalam proses penutupan. ***

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT