ADVERTISEMENT

Waspada, 6 Kecamatan di Lebak Ini Masuk Skor 5 dengan Titik Paling Rawan Longsor, di Mana Saja Tuh?

Minggu, 20 Februari 2022 15:22 WIB

Share
Ruang sekolah di Lebak rusak karena longsor (Yusuf)
Ruang sekolah di Lebak rusak karena longsor (Yusuf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak telah melakukan pemetaan terhadap daerah rawan bencana di Kabupaten Lebak. 

Hasilnya ada 16 Kecamatan di Lebak yang rawan banjir, dan 14 Kecamatan yang juga rawan longsor.

"Memang dari 28 Kecamatan di Kabupaten Lebak itu semuanya rawan banjir dan longsor," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Lebak Febby Rizki Pratama saat ditemui di kantor BPBD Lebak, Minggu (20/2/2022).

Ke 16 Kecamatan yang rawan banjir itu sendiri yakni Rangkasbitung, Kalanganyar, Cipanas, Curugbitung, Muncan, Sobang, Lebak Gedong, Cibeber, Cilograng, Bayah, Cihara, Cigemblong, Bojongmanik, Banjarsari, Leuwidamar, dan Cimarga.

Adapun 14 Kecamatan di Kabupaten  Lebak yang rawan longsor.  Yakni,  Kecamatan Bayah, Sobang, Lebakgedong, Cigemblong, Bojongmanik, Cibeber, Muncang, Gunungkencana, Cipanas, Cileles, Cimarga, Cikulur, Leuwidamar dan Cilograng.

"Dari 14 Kecamatan yang rawan longsor itu kita membuat skoring, dan terdapat 6 Kecamatan yang mendapatkan skor 5 dengan tingkat potensi tinggi rawan longsor. Ke 6 Kecamatan itu yakni Kecamatan Muncang, Sobang, Cilograng, Cibeber, Leuwidamar, dan Bojongmanik," jelasnya.

Dirinya pun mengimbau kepada warga didaerah rawan banjir dan longsor itu untuk selalu waspada, terlebih mengingat peringatan dini cuaca ekstrem yang dikeluarkan oleh BMKG hingga 3 hari kedepan.

"Kita imbau kepada warga yang berada di wilayah rawan banjir untuk bersiaga, dan menyiapkan barang atau dokumen berharga ditempat yang aman. Karena kita tau bahwa banjir sendiri biasanya berdasarkan luapan air sungai, bukan banjir bandang. Jadi ada waktu untuk melakukan evakuasi dini," pungkasnya. (Yusuf Permana)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT