ADVERTISEMENT

Waspada! BPBD Peringati Cuaca Esktrem di Pesisir Pantai Lebak Selatan Hingga 3 Hari ke Depan, Berpotensi Tsunami?

Minggu, 20 Februari 2022 15:15 WIB

Share
Kepala pelaksana harian BPBD Lebak Febby Rizki Pratama (yusuf)
Kepala pelaksana harian BPBD Lebak Febby Rizki Pratama (yusuf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak memberikan peringatan dini kepada warga Lebak khususnya yang berada di pesisir pantai Lebak Selatan untuk mewaspadai dengan adanya prediksi cuaca ekstrem hingga 3 hari kedepan.

Kepala BPBD Lebak Febby Rizki Pratama menyebut, bahwa BMKG sendiri telah mengeluarkan prediksi akan terjadinya hujan deras, disertai angin kencang dan petir/kilat di wilayah Banten, khususnya Kabupaten Lebak. Prediksi itu berlaku hingga 22 Februari 2022.

"Berdasarkan rilis dari BMKG bahwa akan terjadinya hujan deras yang disertai angin kencang dan kilat diwilayah Kabupaten Lebak. Untuk itu kami mengimbau kepada warga Lebak untuk selalu mewaspadai potensi bencana yang disebabkan cuaca ekstrem itu," kata Febby saat ditemui di kantor BPBD Lebak, Minggu (20/2/2022).

Febby menututurkan, cuaca ekstrem itu dapat menyebabkan bencana alam seperti banjir, longsor, dan angin puting beliung hingga gelombang tinggi. 

Dirinya meminta kepada warga Lebak khususnya di wilayah yang masuk zona rawan bencana banjir dan longsor untuk selalu waspada.

"Kami imbau kepada warga yang berada di zona-zona rawan untuk selalu waspada, siapkan semua dokumen-dokumen penting dalam sebuah tempat atau tas sehingga jika terjadi bencana maka dokumen-dokumen itu dapat diselamatkan," tuturnya.

Warga yang berada di pesisir pantai Lebak Selatan juga diminta waspadai gelombang tinggi, yang diprediksi bakal memiliki ketinggian hingga 4 meter.

"Bagi nelayan, kami harap selalu liat cuaca terlebih dahulu. Jika cuaca kurang mendukung seperti hujan deras, maka tahan dulu, jangan dulu melaut. Karena dapat berbahaya jika terjadi badai di tengah laut," pungkasnya. (Yusuf Permana)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT