6 Cara Mudah Rawat Rem ABS Sepeda Motor, Kenali Juga Cara Kerjanya Agar Aman dan Nyaman Dalam Berkendara

Rabu, 9 Februari 2022 14:06 WIB

Share
Terdapat 6 cara mudah rawat rem ABS sepeda motor, selain itu da baiknya untuk kenali juga cara kerjanya agar aman dan nyaman dalam berkendara. (Foto/reza)
Terdapat 6 cara mudah rawat rem ABS sepeda motor, selain itu da baiknya untuk kenali juga cara kerjanya agar aman dan nyaman dalam berkendara. (Foto/reza)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Seiring perkembangan jaman, fitur keselamatan khususnya system pengereman pada kendaraan juga terus berkembang.

Apa lagi saat ini sistem pengereman ABS(Anti-lock Braking System) juga sudah dipasang pada motor selain Moge.

Terdapat 6 cara mudah rawat rem ABS sepeda motor, selain itu da baiknya untuk kenali juga cara kerjanya agar aman dan nyaman dalam berkendara.

Seperti diketahui, ada dua sistem pengereman motor yaitu sistem mekanis (tromol) dan sistem hidrolik (disc brake).

Untuk pengereman hidrolik (disc brake) terdapat penambahan teknologi agar sistem pengeremannya lebih aman yaitu ABS (Anti-lock Braking System).

Sistem pengereman ABS mencegah roda terkunci terutama saat mengerem mendadak sehingga ban tidak slip atau sliding, dengan begitu turut menjaga keseimbangan motor atau lebih mudah dikendalikan.

”Hadirnya sistem pengereman ABS turut membantu dalam keselamatan berkendara pengguna sepeda motor, karena itu perlu diperhatikan perawatannya agar fungsinya selalu optimal,” jelas Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

“Untuk itu kami memberikan beberapa cara perawatan yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen untuk menjaga kinerja sistem pengereman ABS pada motornya,” tambahnya.

Untuk cara kerja sistem ABSm, sistem ini selalu mendeteksi sensor pada roda depan dan belakang, jika ada pengurangan kecepatan secara tiba-tiba karena pengereman mendadak.

Sistem ABS akan mengurangi tekanan pada sistem rem sehingga dapat mencegah kemungkinan roda terkunci dan pengendara dapat menjaga kestabilan atau keseimbangan motor sehingga mudah dikendalikan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar