ADVERTISEMENT

Survei PWS: Soal Capres 2024, Prabowo Teratas, di Bawahnya Ada Anies-Ganjar

Jumat, 4 Februari 2022 16:59 WIB

Share
Menhan Prabowo Subianto. (dok kemenhan)
Menhan Prabowo Subianto. (dok kemenhan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto lagi-lagi terpilih sebagai tokoh nasional yang paling difavoritkan masuk dalam radar bakal calon Presiden dan Wakil Presiden untuk Pemilu 2024 mendatang.

Dalam survei yang dilakukan Lembaga riset Political Weather Station (PWS), Prabowo yang juga Ketua Umum DPP Partai Gerindra  memperoleh 22,9% suara. Kemudian di bawahnya ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yang mendapat 19,9%, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 19,8%. 

"Nama Prabowo Subianto di puncak elektabilitas relatif belum tergoyahkan sejak lembaga-lembaga survei mainstream merilis hasil survei capres sejak setahun yang lalu," kata peneliti senior PWS, Mohammad Tadzi dalam rilisnya, Jumat (4/2/2022). 

Tadzi menjelaskan alasan Prabowo masih menempati posisi tertinggi di kancah survei nasional untuk faktor elektabilitas, karena posisinya di Menteri Pertahanan dan dianggap memiliki rekam jejak kinerja yang lebih baik. Posisi ini juga memberikan nilai lebih terhadap Prabowo dibadingkan ketua umum partai politik lainnya. 

"Dibanding nama ketua umum partai politik lainnya, nama Prabowo sejauh ini memang nampak paling menonjol," imbuhnya. 

Sementara itu, beberapa nama tokoh lain juga masuk ke dalam radar survei ini. Yakni Menparekraf Sandiaga Uno 8,7%, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7,5%, disusul Komisaris Utama PT Pertamina Persero Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 4,1%.

 

Selanjutnya Menteri BUMN Erick Thohir 2,7%, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,5%, Kepala KSP Moeldoko 2,4%, mantan Panglima TNI Garot Nurmantyo 1,5%, dan Menko Polhukam Mahfud MD 1,2%. 

Lalu di bawah mereka ada empat nama tokoh yang berada di bawah 1%, yakni Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 0,9%, Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 0,7%, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti 0,6% dan ketua DPR RI sekaligus anak Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani yang hanya mendapat 0,3%. 

Terpopuler

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT