ADVERTISEMENT

Pemkot Serang Klaim Sudah Siap Hadapi Omicron, Apa Saja Persiapannya?

Sabtu, 29 Januari 2022 05:52 WIB

Share
Walikota Serang Syafrudin (ist)
Walikota Serang Syafrudin (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Pasca adanya tiga warga Kota Serang yang diduga terpapar virus Covid-19 varian Omicron, Pemkot Serang mengklaim sudah siap menghadapi kemungkinan apa yang akan terjadi ke depan. 

Walikota Serang Syafrudin mengaku pihaknya telah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi Covid-19 varian Omicron seperti menyiapkan anggaran dan fasilitas kesehatan.

"Sebenarnya langkah antisipasi sama sebenarnya dengan kejadian Covid 19, Covid 19 kita antisipasinya di BTT (Belanja Tidak Terduga) sudah kita siapkan," katanya. 

Selain itu, lanjutnya, Pemkot juga sudah menyiapkan sejumlah RS rujukan yang dilengkapi dengan segala fasilitasnya, dan memastikan ketersediaan oksigennya juga aman.

"Kemudian persiapan di rumah sakit baik oksigen maupun kamar-kamar perawatan yang kena omicron sudah kita siapkan, mulai dari isolasi mandiri maupun kamar rawat sudah," beber Syafrudin. 

Ia juga meminta masyarakat dengan ada varian Omicron tersebut untuk tetap memperketat prokes, karena langkah tersebut kunci memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

"Kemudian untuk sementara masyarakat kota, kami menghimbau walau belum ada larangan dari pemerintah jangan keluar negeri dulu karena omicron ini ada dari di luar negeri," katanya. 

Seperti diberitakan sebelum, Dinkes Kota Serang Ahmad Hasanuddin mengatakan, ada tiga kasus probable Covid-19 varian omicron yang kini tengah dipastikan melalui uji laboratorium di Litbangkes Jakarta.  Ketiganya diduga terpapar seusai liburan.

Ketiga pasien itu memerlukan pemeriksaan lanjutan melalui Whole Genome Sequences (WGS) yang membutuhkan waktu 14 hari untuk mengetahui hasilnya. (Luthfillah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT