Rieju, Motor Pertama di Eropa Bersertifikat Kemanan Siber

Minggu, 23 Januari 2022 21:44 WIB

Share
Rieju Nuuk CargoPro (Sumber: Rieju)
Rieju Nuuk CargoPro (Sumber: Rieju)

POSKOTA.CO.ID - Kendaraan baru dengan teknologi canggih di dalamnya harus mendapatkan sertifikat keamanan siber paling lambat Juli 2024 nanti.

Hal ini ditetapkan Komisi Ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Eropa.

Agen pertama yang menawarkan sertifikasi semacam itu untuk kendaraan adalah perusahaan Spanyol EuroCybCar.

Perusahaan ini mengumumkan pada Desember 2021 bahwa pembuat sepeda motor listrik Spanyol Rieju secara resmi memproduksi sepeda pertama yang menerima sertifikasi ini.

Rieju Nuuk CargoPro adalah skuter pengiriman listrik 6kW dengan kecepatan tertinggi 90 km / jam (di bawah 56 mph) dengan jangkauan antara 100 dan 120 kilometer (atau 62 hingga 74,5 mil).

Keamanan siber memang menjadi ancaman yang serius terlebih dalam sektor-sektor vital di sebuah negara. Saat ini, kebanyakan orang tahu lebih baik menggunakan "kata sandi" untuk sebuah program, aplikasi, atau perangkat apa pun bahkan di kendaraan nantinya.

Semua kendaraan harus menerima sertifikasi keamanan siber yang memastikan bahwa mereka memenuhi semua persyaratan yang diperlukan di semua titik selama siklus hidup yang diharapkan. Termasuk mobil, truk, bus, dan sepeda motor,

Hal ini ditetapkan paling lambat pada Juli 2024.

Untuk menerima sertifikasi ini kendaraan harus berhasil menjalani tiga jenis serangan yang berbeda. Baik fisik, akses jarak jauh, dan keamanan aplikasi seperti dikutip dari Ride Apart.

Peraturan UNECE Nomor 155 yang menjabarkan persyaratan keamanan siber ini hanya berlaku di Eropa. ***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar