ADVERTISEMENT

Mau Aman Bekendara di Saat Musim Hujan, Yuk Simak Tipsnya Dulu Sebelum Ngegas 

Rabu, 19 Januari 2022 11:46 WIB

Share
Sejumlah pemotor tetep berkendara sekalipun di tengah guyuran hujan. (Ist)
Sejumlah pemotor tetep berkendara sekalipun di tengah guyuran hujan. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID – Memasuki musim hujan di awal tahun 2022 ini, para biker harus terus waspada dan fokus berkendara. Karena jalan yang basah dan licin memiliki beragam potensi bahaya, dan mengintai kelengahan pengendara motor.

Tim Safety  Riding Promotion (SRP) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) tidak pernah bosan ingatkan pengendara motor lebih peduli dengan keselamatan berkendara dengan masih usung semangat #Cari_aman.

“Mungkin terdengar membosankan, namun kami tetap tidak akan pernah bosan untuk berbagi edukasi berkendara secara aman khususnya menyikapi kondisi hujan dan padatnya aktifitas jalanan ibukota yang kembali normal karena kantor dan sekolah sudah kembali aktif,” ujar Head of SRP, Agus Sani.

Berkendara dimusim hujan memerlukan trik tersendiri dan perhatian lebih. Kondisi jalanan yang basah bahkan tergenang banjir hingga jalanan rusak wajib diantisipasi dengan baik bagi pengendara.

Langkah pertama adalah usahakan untuk mengecek selalu kesiapan motor mulai dari tekanan angin, kondisi lampu lampu, dan  pengereman.

Ketiga unsur ini adalah dasar untuk ‘menaklukan‘ cuaca hujan. Kedua Pastikan kondisi badan yang fit, karena berkendara dimusim hujan perlu stamina kemampuan dan kejelian yang lebih.

Kondisi motor baik, lanjut untuk mempersiapkan perlengkapan seperti jas hujan dan pembungkus sepatu (sarung khusus sepatu agar tidak basah) untuk melibas hujan.

Tidak disarankan sama sekali pengendara untuk menggunakan sandal dalam berkendara di kondisi hujan. Cuaca ini sangat rentan hasilkan ‘celaka’ dan alas kaki menjadi satu kewajiban untuk hindari cedera.

“Nyawa adalah segalanya jadi jangan paksakan berkendara dengan kecepatan tinggi saat hujan sesibuk apapun kondisi yang dihadapi. Ketenangan emosional akan mempengaruhi kemampuan berkendara dijalan,” jelas Agus Sani.

“Bukannya dilarang, alangkah baiknya kondisi hujan sedapat mungkin untuk membatasi perjalanan sepeda motor apalagi dengan jarak tempuh jauh dan rute yang tidak familiar bagi pengendara,” tambahnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT