ADVERTISEMENT

Produser Film Kung Fu Calonkan Diri Jadi Pemimpin Hong Kong

Jumat, 21 Januari 2022 08:00 WIB

Share
Sin Kwok Lam
Sin Kwok Lam

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

HONGKONG, POSKOTA.CO.ID - Produser film Hong Kong sekaligus Master Kung Fu menyatakan akan mencalonkan diri dalam pemilihan pemimpin Hong Kong akhir Maret.

Produser film Hong Kong sekaligus Master Kung Fu Sin Kwok Lam menyampaikan ini pada Rabu (19/1/2022) bahwa dia akan mencalonkan diri dalam perlombaan kepemimpinan Hong Kong. Demikian dilansir dari Deutsche Welle.

Pernyataan kejutan ini memberi tekanan baru kepada petahana Carrie Lam yang belum mengonfirmasi apakah dia akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua.

Laki-laki berusia 65 tahun itu adalah orang pertama yang mengumumkan pencalonan diri menjelang pemilihan pada 27 Maret mendatang. Masa jabatan Kepala Eksekutif saat ini, Carrie Lam, resminya akan berakhir pada bulan Juni.

Kandidat pemimpin eksekutif harus mendapat dukungan dari badan pemilihan yang terdiri dari 1.500 orang pro-Beijing di bawah prinsip peraturan baru "Hanya Patriot". Belum jelas apakah Sin Kwok Lam akan mendapat lampu hijau dari badan pemilihan. Aparat Hong Kong selama beberapa bukan terakhir melakukan pembredelan media dan penangkapan terhadap jurnalis kritis.

Sin Kwok Lam dalam video di kanal YouTube mengatakan banyak pendukungnya di internet yang meyakinkan dia untuk maju dan berubah pikiran karena dia dulu berprinsip untuk tidak terlibat dalam politik.

Yakin Bisa Menang

"Di bawah sistem pemilihan baru, saya percaya setiap patriot yang mampu dan dapat diandalkan bisa bergabung dalam pemilihan kepala eksekutif yang baru," kata Sin Kwok Lam. "Saya percaya bahwa saya memiliki kemampuan untuk menang."

Media-media lokal berspekulasi bahwa calon potensial untuk menang termasuk Sekretaris Keuangan Paul Chan dan mantan Kepala Organisasi Kesehatan Dunia WHO Margaret Chan. Sedangkan pejabat saat ini Carrie Lam dinilai masih punya peluang namun dia berulang kali menolak berkomentar ketika ditanya wartawan apakah dia akan maju untuk masa jabatan kedua.

Sin Kwok Lam, produser dari film kung fu “Ip Man”, telah menjadi promotor aktif seni bela diri di Hong Kong.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT